Skip to main content

Asumsi Pemerintah Pertumbuhan Ekonomi Hanya 5%

Darmin Nasution
Darmin Nasution

WinNetNews.com - Di tengah melambatnya ekonomi global, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih mencatatkan angka 4,7%. Sementara untuk tahun 2016, asumsi pemerintah atas pertumbuhan ekonomi yang bisa direalisasikan sebesar 5,2%.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menjelaskan, meski secara pertumbuhan ekonomi year on year ( yoy ) di tahun-tahun sebelumnya lebih rendah, namun kualitas pertumbuhan 2 tahun belakangan bisa dibilang lebih berkualitas.

"Walau pertumbuhannya hanya 5%, tapi kualitasnya baik. Itu nggak mudah, kualitas pertumbuhan adalah barang yang lebih sulit dicapai dibandingkan pertumbuhan ekonomi itu sendiri, sesuatu yang jarang terjadi," ucap Darmin di acara Outlook Ekonomi Indonesia 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Darmin menilai, kualitas pertumbuhan ekonomi yang baik ini bisa diukur dari 3 indikator yakni tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, dan gini rasio di mana ketiganya bisa diturunkan. Diungkapkannya, dari data Badan Pusat Statistik (BPS), angka gini rasio pada Maret 2016 berada di level 0,398, turun dari September 2015 sebesar 0,402 dan Maret 2015 sebesar 0,408.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini menuturkan, kualitas pertumbuhan ekonomi yang menurutnya lebih baik tersebut tak lepas dari masifnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top