Asyik! PNS Rasa Start-Up Bakal Berlaku di Masa Depan

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Asyik! PNS Rasa Start-Up Bakal Berlaku di Masa Depan Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS). (Foto: Okezone.com)

Winnetnews.com - Pemerintah menyarankan sistem kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan diubah di masa mendatang. Jika saat ini PNS wajib masuk dan absen ke kantor, di masa depan PNS bakal berkegiatan di rumah.

Hal ini dibenarkan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan. Dia mengatakan pergeseran berbagai jenis pekerjaan menjadi alasan wacana PNS bisa bekerja di rumah disuarakan oleh pemerintah.

"Demikian pula jenis layanan yang dilakukan pemerintah kepada warganya," kata Ridwan melalui pesan singkatnya dilansir CNBC Indonesia, Jumat (9/8/2019).

Ridwan mencontohkan misalnya dari fungsi dan tugas di Biro Humas BKN seperti materi berita, mengontrol media sosial, siaran pers, dan lain-lainnya. Semua bisa dilakukan melalui gadget.

"Contohnya hari ini, saya di Medan sudah approved berita, siaran pers, dan konten media sosial yang disiapkan anak-anak humas di Jakarta," katanya.

"Hasil liputan di beberapa lokasi di seluruh Indonesia. So, kebutuhan untuk bertemu di kantor secara fisik mulai berkurang," jelasnya.

Sebagai informasi, Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara (KemenpanPANRB) mengaku tengah mendesain sistem kerja PNS di setiap kementerian lembaga layaknya pekerja di perusahaan rintisan.

"Nanti akan bisa bekerja dari rumah, tinggal mengatur aturannya kayak gimana," jelas Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja.
 

Apa Reaksi Kamu?