Asyik, Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Turun

Asyik, Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Turun Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dody Budi Waluyo/Foto: Karna WNN

WinNetNews.com - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan (BI) 7-day reverse repo rate sebesar 25 bps dalam Rapat Dewan Gubernur (BI) yang digelar pada 20 dan 22 Agustus 2017. Dengan demikian, suku bunga acuan BI berada di level 4,25%. Sehingga suku bunga deposit facility di level 3,5% dan lending facility di level 5%.

"Penurunan ini masih konsisten dengan realisasi inflasi 2017 yang rendah dan perkiraan inflasi 2018 dan 2019 yang berada di titik tengah kisaran sasaran," kata Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dody Budi Waluyo, Jumat (22/09/2017).

Dody mengatakan, prospek ekonomi global membaik di negara maju. Ekonomi Amerika Serikat (AS), diperkirakan semakin tinggi sejalan dengan permintaan domestik. Ekonomi Eropa juga demikian, seiring dengan peningkatan aktivitas konsumsi dan penurunan ketidakpastian sektor keuangan.

Ekonomi China juga diperkirakan tumbuh lebih baik didukung konsumsi yang kuat dan penyaluran kredit.

"Ini dapat mengkompensasi penurunan pertumbuhan India," tambahnya.

Sementara risiko pasar keuangan global relatif terjaga seiring kebijakan suku bungan The Fed dan normalisasi balance sheet The Fed yang sesuai perkiraan pasar dan perkiraan BI.