Atasi Masalah Mulut Kering saat Tidur dengan Cara Ini
Ilustrasi Mulut Kering (c) Istimewa

Atasi Masalah Mulut Kering saat Tidur dengan Cara Ini

Senin, 11 Okt 2021 | 19:24 | Muchdi

Winnetnews.com -  Masalah mulut kering saat tidur atau terbangun di pagi memang menjadi salah satu hal yang mengganggu. Berikut lima cara mengatasi masalah mulut kering.

Menurut Cleveland Clinic, mulut kering terjadi ketika Anda tidak menghasilkan cukup air liur. Namun kekurangan air liur biasanya merupakan gejala atau efek samping dari masalah kesehatan lain.

Ketua biologi mulut di University at Buffalo School of Dental, Frank A. Scannapieco memaparkan, beberapa penyebab mulut kering di antaranya dehidrasi, sleep apnea, pengaruh obat-obatan yang sedang dikonsumsi, serta minum alkohol dan kafein.

Untuk mengatasi masalah mulut kering, ada beberapa cara untuk mengatasi bahkan mencegahnya. Apa saja?

Berikut lima cara mengatasi masalah kulit kering, seperti dilansir Live Strong.

- Perbanyak minum air

Untuk tetap terhidrasi, memenuhi asupan cairan delapan gelas air sehari merupakan salah satu cara termudah dan sederhana.

Scannapieco menyarankan, selalu siapkan botol air di dekat Anda, termasuk dekat tempat tidur, untuk memudahkan akses saat haus pada waktu tidur.

- Kunyah es batu

Ini adalah cara lain untuk menambah asupan cairan tubuh. Di samping itu, menurut Cleveland Clinic, gerakan mengunyah membantu merangsang air liur.

- Menggunakan air humidifier atau pelembap udara

Menggunakan air humidifier atau pelembap udara di kamar tidur membantu menambah kelembapan ke udara dan dapat membantu mencegah mulut kering di malam hari (terutama jika Anda bernapas melalui mulut).

- Hindari alkohol dan minuman berkafein

Keduam inuman ini dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk mulut kering. Oleh karenanya, mencoba mengurangi dan menghindari adalah salah satu cara mengatasi masalah mulut kering.

-  Jaga kesehatan mulut

Orang dengan mulut kering lebih rentan terhadap gigi berlubang dan kerusakan gigi, sehingga rutinitas kebersihan mulut yang tepat sangat penting, menurut Cleveland Clinic.

"Gunakan floss (atau gunakan sikat interdental) secara teratur dan sikat dua kali sehari (sekali sebelum tidur) dengan pasta gigi berfluoride," saran Scannapieco.

Selain itu, kumur dengan obat kumur berbasis fluoride, katanya. Faktanya, beberapa obat kumur (seperti yang mengandung xylitol) dibuat khusus untuk orang-orang dengan mulut kering, jadi tanyakan kepada dokter gigi Anda untuk informasi lebih lanjut.

Hindari obat kumur yang mengandung alkohol atau peroksida, yang dapat memperburuk mulut kering Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.Com  dengan judul "5 Cara Atasi Masalah Mulut Kering saat Tidur"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...