(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Atasi Rambut Rusak

Liani
Liani

Atasi Rambut Rusak

 Dengan perubahan cuaca mendadak seperti di musim kemarau, ini juga bisa berpengaruh pada rambut Anda hingga mudah kering.

Berikut beberapa langkah sederhana agar rambut lebih sehat dan selamat dari kerusakan.

1. Jangan mencuci rambut setiap hari

Mencuci rambut Anda dua atau tiga kali seminggu penting untuk membersihkan kulit kepala Anda dan menjaga rambut Anda sehat. Tetapi, keramas berlebihan, bagaimanapun juga akan cenderung menanggalkan minyak alami dari kulit kepala sehingga membuat kulit menjadi kering dan bersisik.

Ayesha Mistry, menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada sampo atau kondisioner yang betul-betul mampu memperbaiki rambut rusak. Namun, Anda masih bisa mengatasinya jika menggunakan sampo yang mengandung ammonium lauryl sulfat dan natrium sitrat atau asam sitrat untuk membersihkan kotoran dan minyak serta bisa memperbaiki tingkat pH rambut Anda.

2. Rawat rambut Anda secara teratur

Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak perlu merawat rambutnya secara berlebihan karena dengan sampo rambut sudah bersih dan sehat. Tidak, Anda salah, rambut Anda juga membutuhkan lapisan pelindung di atas batang rambut guna menghindari kerusakan. Oleh karena itu, setiap sebulan sekali selalu gunakan masker rambut untuk mengembalikan rambut yang rusak dan membuat rambut Anda nampak lebih halus dan bersinar.

3. Gunakan handuk penyerap

Setelah mandi, gunakan handuk penyerap untuk menyerap kelebihan air dari rambut Anda. Jangan menggosok rambut dengan handuk karena akan menyebabkan kerusakan rambut. Biarkan rambut Anda kering secara alami dengan hanya menempelkan handuk di atas. Dan sangat disarankan untuk menghindari penggunaan pengering rambut atau hair dryer karena itu malah membuat rambut Anda semakin rusak.

4. Gunakan serum rambut

Memakai serum itu suatu keharusan apapun jenis rambut Anda. Karena serum ini berfungsi untuk membuat rambut Anda tetap halus dan mencegah rambut kering maupun rambut bercabang. Dan lagi, saat Anda berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, jangan lupa tutupi kepala Anda dengan syal atau topi.

5. Makan yang sehat

Di antara itu semua, penting juga untuk menjaga pola makan. Cara terbaik untuk merawat rambut rapuh adalah dengan meningkatkan asupan protein Anda. Peningkatan asupan protein meningkatkan keratine di kulit kepala Anda yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut sehat. Kacang-kacangan kaya akan zinc, omega 3 dan magnesium yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut sehat. Jadi camilan almond, kacang tanah, kacang mete, kenari, dan kemiri sangat direkomendasikan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});