Atiqah Hasiholan Jadi Jaminan Ratna Sarumpaet Bebas

Atiqah Hasiholan Jadi Jaminan Ratna Sarumpaet Bebas Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Kasus hoaks yang menjerat aktivis perempuan Ratna Sarumpaet sepertinya akan berujung panjang. Saat ini Ratna masih ditahan di Polda Metro Jaya. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, keluarga resmi mengajukan permohonan kepada penyidik Polda Metro Jaya, agar penahanan aktivis sosial Ratna Sarumpaet dalam kasus penyebaran hoaks bisa ditangguhkan.

Surat permohonan penangguhan penahanan itu diwakili tim pengacara Ratna Sarumpaet, Senin 8/10/2018.  Menurut kuasa hukum Ratna, seluruh keluarga termasuk artis sekaligus  Atiqah Hasiholan, memberikan jaminan kepada polisi supaya permohonan penangguhan penahanan terhadap wanita berusia 70 tahun itu bisa dikabulkan.

"Kami menyatakan pihak keluarga menjamin. Kami juga sebagai kuasa hukum menjamin Ibu RS (Ratna Sarumpaet) ini tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, tidak mengulangi perbuatannya. Selanjutnya juga kami menjamin akan mempermudah jalannya proses hukum ini. Kira-kira apa yang menjadi kendalanya," kata Insank.

Menurut kuasa hukum Ratna, menyampaikan, alasan keluarga meminta penangguhan karena secara kondisi fisik tidak fit termakan usia renta.

"Sisi kemanusiaannya. Tidak bisa dipungkiri, Ibu RS ini tokoh. Lalu, dia juga sudah lanjut usia, dan memerlukan suplai obat-obatan," tambah Insank. 

Dalam kasus ini, Ratna dijerat Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 46 tentang peraturan hukum pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dari penerapan pasal berlapis itu, Ratna Sarumpaet terancam hukuman pidana 10 tahun penjara.