Awalnya iPhone Ingin Miliki Tombol <em>Back</em>
istimewa

Awalnya iPhone Ingin Miliki Tombol <em>Back</em>

Selasa, 20 Jun 2017 | 15:21 | Rusmanto

WinNetNews.com - Berbeda dengan ponsel Android, iPhone tidak pernah hadir dengan tombol kembali (back button). Tapi tahukah Anda bahwa mendiang Steve Jobs sebenarnya sempat ingin agar iPhone punya tombol back ?

Rahasia ini terungkap lewat buku terbaru Brian Merchant berjudul The One Device: The Secret History of the iPhone . Dalam buku tersebut, dikatakan bahwa Jobs ingin ada tombol kembali yang permanen di iPhone.

Inisiatif ini disampaikan Jobs dan tim merancang iPhone untuk pertama kali. Namun, menurut Imran Chaudhri yang bekerja sebagai desainer Apple selama 19 tahun di dalam Human Interface Team Apple , Jobs tak bisa melaksanakan niatnya karena terjadi perdebatan.

"Sekali lagi, itu datang dari masalah kepercayaan, orang bisa mempercayai perangkat untuk melakukan apa yang mereka inginkan," ucap Chaundhri dalam buku seperti dikutip dari Ubergizmo , Selasa (20/6/2017). Menurut Chaundhri, beberapa masalah dengan ponsel lain adalah fitur yang terkubur dalam menu dianggap terlalu rumit.

Chaundhri pun berdebat dengan Jobs dan mengatakan bahwa tombol kembali adalah hal yang rumit. "Aku menang debat," ujarnya.

Sayang, Jobs tidak bisa memenangkan argumen dengan tim pengembang lainnya. Sehingga, sampai saat ini tombol yang ada di iPhone dan iPad hanya tombol home yang ikonik (terlepas dari tombol power dan volume di atas). Akan tetapi, beredar rumor Apple akan membuang tombol home tersebut di iPhone 2017 ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...