(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Awas! 4 Hal yang Dianggap Sehat Ini Ternyata Punya Efek Berbahaya Loh

Muchdi
Muchdi

Awas! 4 Hal yang Dianggap Sehat Ini Ternyata Punya Efek Berbahaya Loh Ilustrasi Hand sanitizer. (iStock)

WinNetNews.com - Terlihat sehat belum tentu memiliki efek baik bagi tubuh. Itulah kalimat yang tepat untuk sejumlah aktivitas yang selalu dianggap menyehatkan raga.

Ada sejumlah aturan yang ditekankan oleh banyak orang. Jika ingin makan maka tangan harus dibersihkan. Apabila sedang sakit maka harus minum obat.

Atau, jika ingin tubuh tercukupi asupannya maka diminta untuk mengonsumsi makanan sehat. Tapi rupanya, apa yang selama ini dianggap sehat belum tentu demikian.

Aktifitas yang dianggap sehat namun justru berdampak buruk bagi tubuh justru bisa membuat Anda sakit atau bahkan meninggal.

Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Listverse.com, Sabtu (6/10/2018), berikut 4 hal yang dianggap sehat namun ternyata punya efek bahaya bagi tubuh:

1. Hand Sanitizer

Selama ini kita menganggap bahwa Hand Sanitizer atau cairan pembersih adalah hal yang selalu baik untuk menjaga kedua telapak tangan bersih dari kuman.

Rupanya, kebiasaan yang dianggap menyehatkan ini tak melulu baik. Hand Sanitizer terbuat dari zat kimia. Salah satu zat yang digunakan adalah alkohol.

Setelah membersihkan tangan dengan Hand Sanitizer, maka zat kimia ini akan menempel di tangan. Kita kerap lupa bahwa makanan yang dikonsumsi dan dipegang dengan tangan bisa terkontaminasi zat kimia itu dan masuk ke dalam tubuh.

2. Antibiotik

Sejumlah orang kerap minum antibiotik saat sakit demam sedikit, tujuannya tentu agar lekas sembuh. Penyakit yang diderita pun tak semakin parah.

Tapi tahukah Anda jika kebiasaan yang dianggap sehat itu justru membahayakan? Ternyata, terlalu sering menggunakan antibiotik dapat menciptakan bakteri resisten.

Pada wanita, efek lain yang disebabkan akibat terlalu banyak minum antibiotik bisa menggagalkan program penundaan kehamilan. Pil KB yang dikonsumsi tak berdampak semestinya karena kalah dengan efek antibiotik.

3. Makan Ikan

Ajakan untuk mengonsumsi makanan sehat terus digaungkan. Alasannya, asupan yang baik dipercaya membuat aktivitas sehari-hari lancar tanpa dihantui oleh penyakit.

Salah satu makanan yang sehat adalah ikan, sebab memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Namun, sebelum itu harus dipastikan bahwa makanan yang mengandung protein itu bebas dari kandungan merkuri.

Tanpa kita sadari, pembuangan limbah beracun ke laut bisa memengaruhi ikan yang kita makan. Merkuri sangat berbahaya bagitu tubuh dan bisa menyebabkan kematian.

4. Gluten Free

Satu lagi makanan yang sedang naik daun adalah gluten free  sebuah sebutan untuk makanan sehat yang bebas kandungan protein gluten. Bisa itu kue, menu sarapan atau makan siang.

Banyak yang meyakini bahwa bebas gluten berarti sehat. Padahal, sejumlah makanan yang dianggap gluten free itu tetap dibuat dengan menggunakan gula dan mentega. Hanya saja jumlah kalorinya yang kosong.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});