Awas ! 5 Benda Rumah Ini Menjadi Sumber Bakteri

Nadia Chevina
Senin, 24 Agustus 2015 07:55 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Senin, 24 Agustus 2015 07:55 WIB
Image Awas ! 5 Benda Rumah Ini Menjadi Sumber Bakteri

Benda-benda yang terdapat rumah Anda bisa juga menjadi sumber bakteri dan menjadi sarang. Benda-benda tersebut akan mengancam kesehatan apabila tidak digunakan dan dibersihkan secara berkala.

Melansir okezone, berikut perangkat kesehatan yang dapat menjadi sumber bakteri disertai cara perawatannya:

Spons mandi

Spons mandi yang digunakan untuk membersihkan kulit dari kotoran dapat menyebarkan bakteri. “Spons mandi adalah media yang cocok untuk pertumbuhan bakteri dan jamur,” jelas dokter kulit dari New York Dermatology Group, Jessica Weiser.

Pilihlah spons mandi yang terbuat dari sabut alami. Gantilah spons mandi sekali setiap bulannya dan cuci bersih setelah pemakaian. Untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur, simpanlah di tempat yang kering dan sejuk.

Sabun antibakteri

Sabun antibakteri bukan solusi tepat untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit. Seorang profesor epidemiologi dari Universitas Columbia, Elaine Larson, menyatakan sabun anti bakteri tidak berperan banyak dalam melindungi tubuh dari serangkan bakteri dan jamur. “Triclosan yang terkandung dalam sabun antibakteri justru bisa memicu kekebalah bakteri,” kata Larson.

Cucilah tangan dengan sabun biasa secara cermat dan teliti. Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Benda berbulu

Benda berbulu seperi boneka, kemoceng, dan karpet bisa menjadi media penyebaran bakteri. Benda berbulu tersebut bisa menjadi sarang debu halus, hal itu dapat menyebabkan timbulnya alergi dan gangguan pernapasan.

Sediakan cadangan untuk benda berbulu di rumah Anda. Tukar benda tersebut setiap pekannya dan simpan dalam kantong plastik agar tidak terkontaminasi debu halus.

Pasta gigi pemutih

Pasta gigi yang mengandung pemutih tidak sepenuhnya bebas bahaya. Penggunaan pasta gigi pemutih dalan jangka waktu lama dapat mengikis lapisan luar gigi dan meningkatkan sensitivitas gigi.

Carilah pasta gigi pemutih yang sudah mendapatkan sertifikat dari asosiasi dokter gigi dan mulut. Berhentilah menggunakan pasta gigi pemutih apabila gigi Anda terasa lebih sensitif dibanding sebelumnya.

Spatula plastik

Spatula plastik yang sering digunakan untuk memasak dapat menjadi sarang bakteri E.coli. Bakteri E.coli dapat menyebabkan penyakit diare hingga muntah dan berak berdarah (muntaber).

Cucilah spatula plastik dengan bersih setelah digunakan. Apabila spatula tersebut terdiri dari dua bagian, maka cucilah secara terpisah. Simpan di tempat kering dan sejuk.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Setelah Membuat Mesin Selama Empat Tahun, Kini Berbuah Manis

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.