(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Awas! 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Berujung Fatal Loh, Tidur Tengkurap hingga Tusuk Gigi

Muchdi
Muchdi

Awas!  5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Berujung Fatal Loh, Tidur Tengkurap hingga Tusuk Gigi Ilustrasi sekumpulan tusuk gigi ( Photo-beembee )

WinNetNews.com - Beberapa aktivitas telah melekat erat dalam kehidupan kita sehari-hari. Tapi tanpa kita sadari, kebiasaan sepele tersebut justru membahayakan tubuh.

Sejumlah pakar dan dokter menjelaskan bahwa mengubah kebiasaan sepele kita adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Hal tersebut berguna untuk menghindari segala hal yang merugikan kita.

Tanpa disadari, kebiasaan ini bisa merusak gigi, jaringan darah, hingga organ tubuh yang lain.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Brightside.me, Minggu (2/12/2018), berikut 5 kebiasaan sepele yang bisa membahayakan Anda:

1. Pakai Tusuk Gigi

Dokter tidak suka dengan prinsip kerja tusuk gigi. Para dokter menganggap jika tusuk gigi adalah benda berbahaya bagi kesehatan, terutama gusi.

Sebab, bagi dokter tusuk gigi tidak akan membesihkan gigi Anda, melainkan membuatnya semakin rusak.

Membersihkan gigi dari bekas makanan yang menyangkut akan merusak lapisan gigi. Akan muncul lubang-lubang kecil yang bisa jadi besar.

Selain itu tusuk gigi juga merusak gusi dan berdarah. Dokter menyarankan untuk menyikat gigi apabila ada sisa makanan yang tersangkut.

2. Tidur Tengkurap

Pernapasan terganggu, sirkulasi darah terhambat hingga kulit wajah mengalami masalah adalah efek buruk apabila Anda terus tidur tengkurap pada malam hari.

Meski ini adalah posisi yang dianggap nyaman, namun cukup berbahaya bagi kesehatan Anda. Dalam posisi ini, kita akan sulit bernapas, leher pada posisi salah dan sirkulasi darah jadi buruk.

Selain itu, kerutan pada wajah bekas pada bantal akan menjadi konstan dan terus berada di wajah.

3. Gigit Kuaci Pakai Gigi

Biji bunga matahari itu enak dan bermanfaat bagi tubuh. Namun, Anda harus melakukannya dengan benar. Dalam proses pengupasan, kerap kali kita menggunakan gigi.

Namun, cara yang baik dan benar harus dilakukan dengan tangan saja. Mengupas kuaci dengan gigi sebenarnya dilarang oleh dokter.

Sama seperti menggunakan tusuk gigi, mengupas kuaci dengan alat tersebut akan merusak lapisan gigi Anda.

4. Bersihkan Mata dengan Ujung Jari

Telapak tangan adalah salah satu bagian tubuh paling kotor. Sebab, ada banyak kuman yang menempel.

Tangan selalu memegang benda. Sehingga akan ada banyak bakteri yang menempel. Jika kita memiliki kebiasaan memegang wajah atau jerawat maka itu tidak baik.

Karena akan memperparah kondisi kulit Anda. Sama halnya dengan membersihkan mata dengan ujung jari. Hal itu bisa menyebabkan kuman masuk.

5. Menahan Kencing

Akibat aktivitas yang terlalu padat, kerap kali kita menahan buang air kecil. Hal ini kerap dianggap sepele. Namun, efeknya sangatlah berbahaya.

Manahan air kencing bisa berakibat fatal. efeknya akan menyerang ginjal, sistem kemih hingga usus.

Pada Juni 2018, seorang gamer muda dari Inggris Raya dirawat di rumah sakit setelah ia menghabiskan 8 jam bermain gim tanpa henti dan menahan kencing.

Usus dan kandung kemihnya bengkak. Sehingga, dokter mengira dia mengidap tumor kanker.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});