Awas! 6 Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Awas! 6 Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran Foto: Ilustrasi

Winnetnews.com - Momen hari raya Idul Fitri atau Lebaran sudah berlalu dengan penuh suka cita. Bagaimana tidak, bertemu sanak saudara dan melepas rindu, apalagi, kalau bertemu dengan makanan khas lebaran seperti opor ayam, ketupat, kue nastar dan lain sebagainya.

Tapi dibalik, kegimbaraan itu, banyak orang yang mendadak jatuh sakit. Dan inilah beberapa penyakit yang sering muncul setelah lebaran.

1. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan sering menyerang siapa saja usai lebaran. Biasanya, hal ini disebabkan oleh makan makanan yang terlalu pedas, berlemak dan kering.  Apalagi, kita punya budaya sungkan apabila tak mencicipi makanan yang disuguhkan oleh tuan rumah, meskipun kita tahu bahwa makanan itu bisa menyebabkan sakit setelah dikonsumsi.

Selain itu, bisa dipicu akibat merokok, alergi, paparan terhadap iritasi kimia hingga sistem kekebalan tubuh yang lemah. Radang tenggorokan bisa sembuh dalam 5-7 hari, tentu dengan bantuan obat-obatan.

2. Batuk

Orang Indonesia itu tak bisa lepas dari gorengan. Di momen lebaran pun kalian akan menemukan makanan gorengan. Gak heran, setelah lebaran kita bisa terserang batuk! Ini karena gorengan memiliki tekstur kasar dan bisa mengiritasi dinding tenggorokan. Selain itu, makanan berlemak dan berminyak sulit dicerna tubuh dan menekan kekebalan tubuh.

3. Tekanan darah tinggi

Beberapa sajian lebaran terkadang memiliki kandungan garam yang tinggi. Seperti kacang goreng, keripik melinjo, kastangel dan lain sebagainya. Ketika kita makan terlalu banyak garam dan natrium, tubuh akan bekerja keras 'mencuci' garam dari tubuh dan ini bisa mengakibatkan tekanan darah naik

Untuk menetralisirkan dengan mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, atau ayam yang dimasak dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Sebaliknya, hindari makanan seperti fast food, makanan yang digoreng atau jajanan kemasan.

Apa Reaksi Kamu?