Awas! Ini 6 Penyakit Ini Sebabkan Bobot Tubuh Menurun Drastis

Muchdi
Muchdi

Awas! Ini 6 Penyakit Ini Sebabkan Bobot Tubuh Menurun Drastis ilustrasi timbang berat badan ( bbs )

Winnetnews.com - Menurunkan berat badan merupakan salah satu upaya yang dilakukan banyak orang untuk mendapat bentuk tubuh ideal. Banyak orang melakukan diet untuk mendapat bobot tubuh ideal dan sesuai dengan yang mereka harapkan.

Namun ketika bobot tubuh ternyata menurun secara drastis dalam tempo yang singkat, sebaiknya kamu lebih berhati-hati. Alih-alih senang, sebaiknya kamu segera perhatikan kondisimu karena mungkin ada masalah kesehatan yang kamu alami.

Seperti dikutip dari situs Merdeka dari laman Boldsky, Sabtu (26/1/2019), berikut sejumlah alasan menyusutnya bobot tubuh secara tiba-tiba.

  1. Depresi


    Ketika seseorang tengah menderita depresi, maka secara tak langsung nafsu makan akan menurun. Hal ini membuat porsi dan frekuensi makan menurun yang berakibat pada susutnya bobot tubuh.

  2. Hipertiroidisme


    Hormon tiroid yang terlalu aktif akan menghasilkan banyak hormon tiroksin. Hal ini akan mempercepat sistem metabolisme di tubuh sehingga berat badan akan turun dengan cepat, badan mudah berkeringat, serta kamu jadi mudah tersinggung.

  3. Diabetes


    Penurunan berat badan yang secara drastis dapat menjadi tanda awal dari diabetes. Ini disebabkan karena ada peningkatkan kadar glukosa di dalam tubuh sehingga membuat massa otot menyusut.

  4. Penyakit celiac


    Penyakit celiac yang menyerang usus Anda ini mampu menyebabkan penurunan berat badan. Sebab ketika usus kamu terluka, maka akan terjadi pengurangan dalam penyerapan nutrisi.

  5. Tuberkulosis


    Tuberkulosis atau TBC tidak hanya dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Penyakit ini juga akan membuat berat badan kamu menyusut akibat virus yang berada di dalam tubuh.

  6. Kanker


    Kanker juga dapat menjadi penyebab saat berat badan kamu menurun secara drastis. Pasalnya, sel-sel kanker akan merusak sel normal di dalam tubuh dan menurunkan kondisi kesehatan tubuh kamu.

    Jadi, ketika berat badanmu menurun secara drastis, alih-alih bergembira berlebihan sebaiknya kamu periksakan dirimu.

Apa Reaksi Kamu?