Awas… Ini Loh 9 Penyebab Gatal di Selangkangan
Ilustrasi ( Photo iStockphoto )

Awas… Ini Loh 9 Penyebab Gatal di Selangkangan

Minggu, 23 Jun 2019 | 13:18 | Muchdi

Winnetnews.com -  Rasa gatal di selangkangan sangat mengganggu aktivitas, kamu pun harus bisa menghindarinya. Mau tahu apa saja penyebabnya?

Gatal di selangkangan akan ada bentol yang membuat area disekitarnya kemerahan. Dengan menggaruknya akan membuat situasi akan semakin memburuk. Lalu apa saja penyebab gatalnya selangkangan?

Seperti dikutip dari situs detikHealth,Jakarta, dikutip Minggu (23/6/2019), berikut penjelasannya,yuk disimak ya.

1. Tidak Menjaga Kebersihan Alat Kelamin

Selangkangan merupakan salah satu area yang selalu tertutup lebih dari satu lapisan pakaian. Hal ini membuat udara di bagian selangkangan jauh lebih hangat dari tubuh lainnya. Jika kamu menggaruk daerah yang gatal, akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit yang menjadi kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal, dan bersisik.

Untuk menghindari terjadinya gatal, kamu harus menjaga kebersihan pakaian. Jika tidak rutin menjaga kebersihan daerah selangkangan akan membuatnya mudah berkeringat dan lembab.

2. Infeksi Jamur

Banyak di antara kamu yang akan bertanya "gatal di selangkangan disebabkan oleh apa?". Gatalnya selangkangan biasanya disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur dalam banyak kasus tidak berbahaya, tetapi jamur dapat berkembang biak dengan cepat ketika daerah yang ditinggalinya hangat dan lembab.

Hal ini yang membuat kurap lebih sering muncul di selangkangan. Penyakit ini dapat menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung. Kamu dapat mencegah untuk tidak berbagi pakaian atau handuk dengan orang lain.

3. Kutu Kemaluan

Kutu merupakan parasit yang bisa menyebabkan kulit gatal, termasuk gatal di selangkangan. Kutu di kemaluan dapat ditandai dengan mengalami rasa gatal, iritasi, dan muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan. Rasa gatal yang muncul akan semakin terasa ketika di malam hari, karena kutu lebih aktif dan memakan darah manusia. Kutu dapat menyebar melalui kontak fisik, sering kali melalui kontak seksual.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...