Awas, Ini Loh Penyebabnya Telinga Sering Terasa Gatal
ilustrasi telinga gatal ( Photo hellosehat.com )

Awas, Ini Loh Penyebabnya Telinga Sering Terasa Gatal

Minggu, 3 Mei 2020 | 10:35 | Muchdi

Winnetnews.com -  Salah satu masalah keseahatan yang sering dialami oleh seseorang adalah kondisi telinga yang gatal. Hal ini bisa menimbulkan rasa geli serta kadang terasa mengganggu.

Dilansir dari The List, menurut McGovern Medical School, telinga gatal merupakan sebuah masalah yang dialami banyak orang. Pada beberapa orang, masalah ini tidak mengganggu, namun pada beberapa orang lain bisa terasa sangat menyebalkan.

Walau begitu, kondisi ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa jadi gejala dari masalah serius. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu dan mengidentifikasi penyebab masalah ini.

Terdapat berbagai alasan penyebab mengapa telinga terasa gatal, salah satu penyebab utama adalah alergi. Hal ini bisa berupa reaksi alergi terhadap produk rambut baru atau juga pada makanan yang kamu konsumsi.

Kondisi ini membuat penting untuk berhati-hati terhadap perubahan rutinitas kecantikan atau pola makan. Kamu perlu berhati-hati terutama ketika memiliki alergi terhadap sesuatu di masa lalu.

Alergi perubahan musim bisa menjadi penyebab terjadinya telinga gatal ini. Hal ini seiring dengan mata dan hidung berair serta tak disadari oleh banyak orang.

Bisa Disebabkan Cotton Buds

Jika rasa gatal berada di dalam kanal telinga, hal ini bisa terjadi karena masalah kebersihan. Memasukkan berbagai hal ke dalam telinga termasuk cotton buds bisa menyebabkan iritasi dan peradangan di telinga.

Hal ini bisa meningkatkan peluang kamu mengalami infeksi telinga. Hal lain yang bisa menyebabkan masalah ini adalah penyumbatan kotoran telinga.

Jika rasa gatal terjadi di bagian luar kanal telinga atau di kulit, hal ini bisa disebabkan oleh psoriasis. Masalah kulit ini berupa kulit pecah-pecah di sekitar telinga.

Rasa gatal di telinga bisa jadi juga menjadi tanda dari infeksi telinga. Namun jika kamu tak dapat menemukan penyebab rasa gatal di telingamu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Dalam mengatasi rasa gatal di telinga, kamu disarankan untuk tidak melakukan apa pun. Kamu disarankan untuk tidak menggaruk telinga atau memasukkan hal-hal apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul "Telinga Sering Terasa Gatal? Jangan Disepelekan, Mungkin Ini Penyebabnya"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...