Awas! Ini Nih 5 Makanan yang Bikin Migrain Memburuk

Awas! Ini Nih 5 Makanan yang Bikin Migrain Memburuk Ilustrasi migrain (freepik)

WinNetNews.com - Saat migrain menyerang, Anda mungkin mengalami sakit kepala yang berdenyut, mual, serta penglihatan menjadi kabur. Salah satu yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara menghilangkan sakit kepala tersebut?

Sebenarnya, yang perlu Anda perhatikan adalah pintar-pintarlah dalam memilih makanan dan diet. Apabila Anda pecinta cokelat atau terlalu sering minum alkohol, cobalah untuk menahan diri karena keduanya termasuk pemicu migrain.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman TheHealthSite, Sabtu  (6/10/2018), berikut beberapa makanan dan minuman pemicu migrain berdasarkan Migraine Research Foundation, yuk disimak ya.

1. Anggur merah dan bir

Penelitian menunjukkan kedua minuman ini sebagai pemicu migrain sekitar 25 persen yang mengalami migrain harian. Alkohol, secara umum, merupakan faktor kuat yang menyebabkan serangan migrain karena dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Cokelat

Menurut para ahli, Anda mungkin harus meninggalkan cokelat untuk mengekang serangan migrain. Alasannya, cokelat pemicu migrain kedua yang paling umum setelah alkohol. Cokelat menyebabkan serangan migrain pada 22 persen penderita migrain. Kafein dan beta-phenylethylamine yang ada di dalam cokelat yang bisa menyebabkan migrain.

3. Daging yang diawetkan

Hindari semua jenis daging yang diawetkan seperti daging deli, ham, hot dog, dan sosis yang mengandung pengawet nitrat untuk mempertahankan warna dan rasa. Nitrat ini melepaskan oksida nitrat ke dalam darah yang melebarkan pembuluh darah di otak dan berkontribusi terhadap migrain.

4. Aged cheese

Tyramine hadir dalam keju yang dapat memicu migrain. Itu terbentuk ketika protein rusak karena penuaan makanan. Feta, keju biru dan parmesan adalah keju tua yang mengandung tyramine yang lebih tinggi dan harus dihindari pasien migrain.

5. Makanan beku

Es krim atau makanan beku lainnya menyebabkan rasa sakit di kepala. Yang akhirnya menjadi migrain jika Anda melahap makanan dingin tepat setelah berolahraga atau ketika tubuh Anda terlalu panas.