(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Awas! Jangan Dianggap Remeh, Ini 5 Tanda Kamu Kurang Minum Air Putih

Muchdi
Muchdi

Awas! Jangan Dianggap Remeh, Ini 5 Tanda Kamu Kurang Minum Air Putih Ilustrasi pusing Photo - thinkstock

WinNetNews.com - Cairan berperan penting dalam tubuh manusia. Karena itu, minum air putih untuk menghidrasi tubuh sangatlah dibutuhkan guna terhindar dari masalah kesehatan tubuh semisal dehidrasi atau sembelit.

Meminum air akan menggantikan cairan yang kita keluarkan setiap harinya melalui keringat, napas, dan urine. Tapi bagaimana caranya kita bisa tahu kalau kita tidak cukup minum air putih selain dari merasa haus?

Dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Minggu (16/12/2018 ), berikut ini tanda-tandanya lainnya yang mungkin tidak kamu sadari.

1. Lapar terus, apalagi yang manis-manis

Bagian kecil otak yang disebut hipotalamus bertanggung jawab atas sejumlah hal penting termasuk rasa lapar dan haus. Terkadang, dia jadi bisa salah mengartikan kurangnya cairan tubuh dengan rasa lapar. Alamak.

Jadi jangan heran kamu bawaannya lapar terus. Coba dulu ingat-ingat kamu sudah cukup minum air putih belum? Kalau belum, cus tenggak segelas air.

Solusi: Biasakan untuk minum air putih setiap bangun tidur

2. Sering kram otot

Dehidrasi selalu berisiko membuat otot jadi kram, apalagi kalau kamu lagi olahraga. Ditambah, risiko ini meningkat selama cuaca yang lebih panas dan bikin berkeringat lebih banyak.

Solusi: Prioritaskan air ketika kamu sedang berolahraga

Dr Sarah Hillier, ahli gizi dan dosen bidang nutrisi di Oxford Brookes University, menyarankan untuk meminum air lebih banyak saat kamu berolahraga untuk mengganti keringat yang hilang. Satu atau dua gelas air tambahan saja sudah cukup kok.

3. Planga plongo

Jika kamu merasa sulit berkonsentrasi atau 'planga plongo' dengan hal yang biasanya bisa kamu lakukan dengan mudah, mungkin kamu kurang air, seperti dikutip dari Vitality. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa dehidrasi merusak kinerja kognitif ketika menyangkut tugas yang melibatkan perhatian dan koordinasi motorik.

Solusi: Biasakan bawa botol minum

Kadang suka lupa minum karena kita tidak membiasakan diri untuk minum air putih. Cobalah untuk membawa botol minum yang bisa kamu bawa ke mana-mana dan pastikan untuk menghabiskannya.

4. Tiba-tiba demam

Kalau kamu sudah dehidrasi berat, kamu mungkin bisa mengalami demam dan menggigil. Demam, pada gilirannya, dapat memperparah dehidrasi, dan semakin tinggi demam, semakin kamu mengalami dehidrasi.

Solusi: Perbanyak minum air putih dan temui dokter

Dilansir Everyday Health, pada bayi, demam yang dikarenakan dehidrasi dapat terjadi jika ada asupan cairan yang tidak memadai, diare, atau muntah. Orang dewasa juga harus segera mencari pertolongan dokter apabila suhunya mencapai 39 derajat celsius.

5. Pusing!

Bukan cuma si dia yang nggak peka-peka yang bikin kita pusing kepala, dehidrasi ringan pun ternyata dapat menyebabkan sakit kepala dan memicu sakit kepala migrain.

Solusi: Perbanyak minum air putih saat sedang pusing

Karena sering tidak jelas apa yang menyebabkan sakit kepala, meminum air putih apalagi di hari yang terik, mungkin akan sedikit membantu karena pusing sendiri memang bisa disebabkan oleh kurang minum air putih.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});