Awas! Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Long Weekend Supaya Kesehatanmu Tak Terganggu
Foto-Thinkstock

Awas! Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Long Weekend Supaya Kesehatanmu Tak Terganggu

Jumat, 17 Agt 2018 | 17:39 | Muchdi

WinNetNews.com - Long weekend telah tiba! Jumat, Sabtu, Minggu libur. Mau ngapain nih? Pasti ada yang merencanakan liburan, atau tidak jarang pasti ada yang hanya menikmati liburan di rumah untuk beristirahat.

Apapun yang akan kamu lakukan di long weekend ini, sebaiknya menjaga kesehatan tetap menjadi prioritas. Jangan sampai libur long weekend justru bikin kesehatanmu menurun.

Agar kesehatan tidak terganggu, seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Jumat (17/8/2018), sebaiknya jangan lakukan 5 hal ini pada libur long weekend ya!

1. Bangun siang

Hari libur kerap kita jadikan ajang balas dendam soal tidur. Akhirnya sengaja bangun siang deh, karena di hari biasa bangun di waktu siang nampaknya tidak akan mungkin.

Hal ini bisa membingungkan jam biologis atau ritme sirkadian yang jelas bisa memengaruhi kesehatan kita. Tubuh akan merasa 'kaget' karena dengan pola tidur dan bangun yang tidak biasa.

2. Jadi weekend warrior

Kalian tahu apa itu weekend warrior? Yaitu mereka yang olahraganya hanya saat weekend saja. Saking sibuknya di hari biasa sampai-sampai tidak bisa berolahraga. Apalagi di long weekend seperti ini, mereka yang weekend warrior pasti sangat senang.

Namun, dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan bahwa fenomena weekend warrior tidak sebaik olahraga teratur sebanyak 3-5 kali seminggu.

"Kalau olahraga sekarang, hasil perbaikan tubuh itu akan bertahan 2 x 24 jam. Misal olahraga di hari Senin maka akan bertahan sampai hari Rabu, setelah itu drop lagi," jelas dr Michael.

Kurva kebugaran seseorang yang menerapkan weekend warrior ini tidak akan stabil, saat hasil dari olahraga menghilang makan tingkat metabolisme tubuh akan menurun. Nilai positif dari olahraga pun juga akan berkurang.

3. Hangout sampai larut malam

Biasanya anak-anak muda nih yang suka memanfaatkan long weekend untuk hangout bersama teman hingga lupa waktu alias sampai larut malam.

Nah, ini juga tidak baik lho bagi kesehatan. Pastinya ini akan memengaruhi pola tidur kita, kurangnya jam tidur dan waktu istirahat bisa membuat kesehatan tubuh menurun. Apalagi kalau tidak diimbangi dengan gaya hidup yang sehat.

4.Gagal diet

Duh, kayaknya long weekend adalah momen di mana setiap orang tidak bisa menjaga dietnya. Semua makanan pasti dilahap. Kapan lagi ya nggak?

Sudah jelas terlalu banyak makan di long weekend dapat merusak kesehatan kita. Ditambah dengan makanan yang tidak terpilih dengan baik, makanan sehat atau tidak tetap saja dimakan.

Terlalu banyak lemak bisa menyebabkan kadar kolesterol berlebih, sedangkan terlalu banyak gula juga bisa memicu penyakit diabetes. Jadi, jangan biarkan makanan saat long weekend justru membuatmu menimbun penyakit ya.

5.Bermalas-malas ria

Please deh, long weekend jangan malah tidur terus. Bukan hanya membuat dirimu menjadi pemalas, tetapi juga bisa memengaruhi kesehatanmu.

Tidur selama berjam-jam atau sebaliknya terlalu sedikit menimbulkan kesehatan yang sama, yakni berpengaruh pada peningkatan risiko diabetes. Bukan hanya itu, tidur terlalu lama juga bisa membuat tubuh malah menjadi letih dan lesu sepanjang hari.

Yang paling mengejutkan, hasil studi menunjukkan, orang-orang yang tidur 9 jam atau lebih semalam, memiliki risiko kematian yang jauh lebih tinggi daripada orang yang tidur 7 atau 8 jam per malam.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...