Awas! Kekurangan Zat Besi Bisa Menyebkan Rambut Rontok
Ilustrasi rambut rontok ( Photo int )

Awas! Kekurangan Zat Besi Bisa Menyebkan Rambut Rontok

Minggu, 30 Jun 2019 | 14:11 | Muchdi
Winnetnews.com -  Rambut rontok dalam jumlah yang banyak bisa menjadi hal yang sangat mengganggu. Sebuah penelitian mengatakan bahwa diet vegetarian bisa memperparah hal tersebut.

Sebuah review pada 2006 menemukan kaitan antara kekurangan zat besi dan rambut rontok. Penelitian ini tidak mengatakan bahwa kekurangan zat besi merupakan penyebab pasti kerontokan rambut. Namun, ada perbedaan antara vegan dan orang yang tidak mengonsumsi daging yang harus diperhatikan.

Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Reader's Digest, dikutp Minggu ( 30/6/2019), "Penyebab pasti zat besi mempengaruhi rambut pun tidak diketahui secara pasti," kata ahli diet yang juga Direktur Senior Komunikasi Nutrisi, International Food Information Council, Kriss Solid.

Meski begitu, ada alasan zat besi memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan rambut seseorang. Dapat dikatakan zat besi sebenarnya membantu pertumbuhan atau perbaikan rambut.

"Bila Anda kekurangan zat besi maka sel darah merah akan kesulitan membentuk hemoglobin. Anda pun juga tidak akan memiliki oksigen yang cukup untuk menumbuhkan dan memperbaiki rambut," kata Direktur Pusat Nutrisi dan Pengelolaan Berat Badan, Pusat Medis Boston, Caroline Apovian.

Vegan sendiri biasanya memiliki tingkat zat besi rendah sehingga mereka harus mengonsumsi makanan tinggi zat besi untuk mencapai batasan yang dianjurkan setiap harinya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...