Awas…! Ketika Ginjal Mulai Bermasalah, Ini Loh 9 Gejalanya
Ilustrasi ginjal  ( Getty Images/iStockphoto )

Awas…! Ketika Ginjal Mulai Bermasalah, Ini Loh 9 Gejalanya

Sabtu, 28 Des 2019 | 17:58 | Muchdi

Winnetnews.com -  Ginjal merupakan organ yang penting bagi tubuh. Ketika ginjal bermasalah, tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan racun dan kotoran dari darah, mengendalikan tekanan darah, hingga menyaring cairan berlebih dari dalam tubuh.

Saat fungsi ginjal bermasalah, ada beberapa penyakit yang mengintai kesehatan ginjal, mulai dari infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal akut, penyakit ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD), serta kanker ginjal.

Masalah pada fungsi ginjal umumnya menimbulkan sejumlah gejala. Melansir dari National Kidney Foundation, berikut adalah 9 gejala awal ketika ginjal mulai bermasalah.

1. Kurang energi dan sulit konsentrasi

Ginjal yang rusak akan kehilangan kemampuan untuk membuang racun dan kotoran dari dalam tubuh melalui urine, sehingga menyebabkan racun dan kotoran menumpuk di darah. Hal ini akan mempengaruhi aliran darah ke otak sehingga menyebabkan Anda merasa lelah dan sulit berkonsentrasi.

Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia atau kekurangan sel darah merah, yang dapat menyebabkan tubuh merasa lesu dan lelah.

2. Tidur bermasalah

Dampak lain dari menumpuknya racun dan kotoran di dalam darah adalah membuat Anda merasa kesulitan untuk tidur. Gangguan sleep apnea juga lebih umum dialami oleh mereka yang memiliki penyakit ginjal dibandingkan dengan orang dengan ginjal yang sehat.

3. Kulit kering dan gatal

Selain menyaring limbah dari dalam tubuh, ginjal juga melakukan pekerjaan penting lain seperti menjaga tulang tetap kuat dan menyeimbangkan jumlah mineral serta elektrolit di dalam tubuh.

Kulit yang selalu kering dan gatal bisa menjadi tanda dari penyakit tulang dan kandungan mineral yang tak seimbang, yang tak jarang disertai dengan penyakit ginjal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...