Awas! Makan Telur Tiap Hari Ternyata Berbahaya
Ilustrasi" Downsiftology

Awas! Makan Telur Tiap Hari Ternyata Berbahaya

Sabtu, 28 Des 2019 | 18:00 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Beberapa pakar kesehatan sering menyebut jika mengonsumsi terlalu banyak telur bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Telur sendiri merupakan salah atau menu sarapan yang sangat mudah diolah. Sifat praktis telur inilah yang akhirnya membuat banyak orang jadi rutin mengonsumsinya.

Faktanya, beberapa telur ternyata memiliki risiko tinggi yang bisa membuat orang keracunan. Di dalam telur juga terkandung Salmonella. Bakteri ini banyak hinggap di telur-telur yang terlihat bersih namun cangkangnya retak.

Makan telur tiap hari juga bisa menimbulkan alergi. Beberapa tipe tubuh yang tidak tahan pada telur biasanya ditandai dengan gejala kembung dan mual. Mengutip dari Lybrate, ada beberapa efek buruk telur bila terlalu sering dikonsumsi.

Bisul

image0
Ilustrasi: WebMD

Efek makan telur berkepanjangan bisa menyebabkan munculnya bisul. Kandungan lemak di telur terbilang cukup tinggi sehingga bisa merusak minyak alami yang ada di dalam lapisan kulit sehingg memicu tummbuhnya bisul-bisul kecil.

Asam urat

image1
Ilustrasi: Cleveland Clinic

Terlalu sering mengosumsi telur juga ternyata tidak aman bagi para penderita asam urat. Orang dengan asam urat sangat tidak dianjurkan untuk makan telur setiap hari karena zumlah fosfor dalam telur dapat menganggu jumlah asam urat di persendian.

Mual

image2
Ilustrasi: Medical News Today

Makan telur terlampau sering juga bisa memberi efek mual pada tubuh. Ini disebabkan oleh kandungan gas pada telur yang bisa memicu iritasi pada lambung.

Berat badan bertambah

image3
Ilustrasi: Pinterest

Mengonsumsi karbohidrat dan lemak yang berlebihan tentu akan membuatt metabolisme jadi macet. Kandungan lemak dalam telur bisa dikatakan cukup tinggi dan bisa memicu kenaikan berat badan pada seseorang.

Muncul banyak jerawat

image4
Ilustrasi: Byrdie

Timbulnya jerawat akibat keseringan makan telur disebabkan oleh kandungan lemak dan kolesterol yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Ketika pori-pori tersumbat, wajah akan menjadi semakin mudah menyerap debu dan sinar radikal bebas. Inilah kemudian yang menjadi cikal bakal munculnya banyak jerawat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...