Awas! Makan Terlalu Cepat Bisa Bikin Gendut
Ilustrasi: Medical News Today

Awas! Makan Terlalu Cepat Bisa Bikin Gendut

Sabtu, 28 Des 2019 | 12:20 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com -  Kebutuhan zaman yang semakin instan mau tidak mau membuat kita menjadi manusia yang super tergesa-gesa. Aktivitas serba cepat ini tak ayal juga ikut berimbas kepada cara makan seseorang. Banyak orang saat ini makan super cepat agar bisa kembali bekerja atau bermain.

Dilansir dari Medical Daily, para ahli mengingatkan bahwa ada efek buruk dari makan terlalu cepat. Hal ini tidak hanya menyebabkan makan jadi berlebihan, namun juga membuat tubuh mendapatkan berat badan berlebih secara tiba-tiba. Kondisi ini tentu bisa memengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.

Studi ini telah dipublikasikan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics. Jurnal tersebut menyarankan orang-orang untuk makan secara perlahan. Orang-orang jenis ini akan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori. Hal inilah yang memungkinkan seseorang untuk makan dalam porsi yang lebih sedikit karena akan mengaktifkan perubahan biokima yang melawan kecenderungan makan berlebihan.

image0
Ilustrasi: Well+Good

Peneliti menambahkan, ketika orang bisa lebih santai dan rileks saat makan, mereka akan memeroleh manfaat tertentu. Contohnya saja dengan mengunyah makanan secara perlahan seseorang dapat terhindar dari penyakit diabetes dan meminimalkan asupan makanan ringan. Mengunyah makanan dengan baik berarti ada nutrisi yang hilang selama proses pencernaan.

Selain itu, semakin lama orang mengunyah, maka semakin sedikit kalori yang mereka konsumsi. Ini karena hormon yang bertugas mengatur nafsu makan akan memberikan sinyal kepada otak untuk berhenti makan. Dengan demikian, kamu akan merasa mudah kenyang.

Lebih lanjut, mengunyah makanan terlalu cepat bisa meningkatkan resiko obesitas sebanyak tiga kali lipat. Selain itu, proses pensinyalan alami tubuh akan terganggu, sehingga sistem umpan balik antara otak dan usus tida akan berfungsi secara efisien. Jika sudah seperti ini, kamu akan makan lebih dari porsi yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...