Awas! Pernikahan Dini Ternyata Dapat Picu Gangguan Mental
Ilustrasi: ABC

Awas! Pernikahan Dini Ternyata Dapat Picu Gangguan Mental

Sabtu, 7 Des 2019 | 16:40 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Pernikahan sebelum usia 19 tahun memang tidak baik untuk dilakukan. Selain berdampak secara psikis dan berpotensi menimbulkan penyakit fisik seperti stunting, anemia, dan kanker serviks, pernikahan dini ternyata dapat menyebabkan gangguan mental.

Ciri-ciri gangguan mental yang bisa terjadi kepada anak-anak di bawah umur adalah menutup diri, enggan bergaul dengan lingkungan sekitar, dan menutup kondisi yang sedang ia alami. Gejala ini bisa muncul karena mental anak tidak berkembang secara matang dan belum mulai merasa cemas.

Dikutip dari Detik Health, Deputi Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Sutriyatmi, menjelaskan bahwa gangguan mental muncul karena adanya penyakit psikis yang diterima anak akibat pernikahan dini. Pernikahan terlalu dini bagi anak dapat menimbulkan dampak yang bertambah buruk kedepannya.

“Dampak dari hubungan seksual anak di bawah umur tentu bisa mempengaruhi mental mereka, bahkan ketika mereka menginjak usia 18 tahun. Mental mereka masih beum siap dan akan menimbulkan kekerasan rumah tangga yang belakangan ini banyak terjadi,” kata Sutriyatmi.

“Anak-anak yang mengalami stres di awal, apabila tidak ditangani secara tepat dengan pendampingan, akan mengalami depresi,” pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...