Awas… Tak Boleh Remehkan Konsumsi Air Putih Loh, Ini 7 Alasannya
Ilustrasi wanita minuma air mineral atau air putih ( Photo shutterstock.com )

Awas… Tak Boleh Remehkan Konsumsi Air Putih Loh, Ini 7 Alasannya

Minggu, 12 Apr 2020 | 14:00 | Muchdi

Winnetnews.com -  Tahukah Anda jika 60 persen tubuh manusia terdiri dari air? Oleh karena itu, menjaga tubuh dari dehidrasi merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan.

Kebutuhan konsumsi air putih yang harus dikonsumsi minimal delapan gelas per hari atau setara dengan 2,5 liter. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur dengan jadwal yang telah disesuaikan seperti setelah makan, setelah bangun tidur, dan juga sesudah bangun tidur.

Air putih merupakan cairan yang sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin. Namun, masih banyak orang yang malas untuk mengonsumsi air putih, bahkan cenderung meremehkan, dan lebih cenderung minum berbagai jenis minuman rasa dan juga soda.

Padahal, dibandingkan dengan minuman berasa, air putih menghadirkan berbagai manfaat yang sangat tinggi. Apa saja manfaatnya yang harus Anda ketahui? Berikut detailnya seperti disusun tim Ngovee dari Jovee.

1. Membantu Pembentukan Air Liur

Tidak hanya berfungsi membantu proses pencernaan makanan, produksi air liur yang seimbang juga dapat menjaga organ tubuh di daerah kepala seperti mulut, hidung, dan mata menjadi tetap lembab.

Dengan mengonsumsi air putih secara rutin, hal tersebut juga dapat menjaga kondisi mulut selalu bersih. Jangan lupa juga untuk menghindari berbagai minuman manis karena akan memicu timbulnya kerusakan pada gigi.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit cantik dan sehat? Bagi wanita, kulit yang sehat dan cantik merupakan salah satu aset penting.

Namun, perawatan kulit yang benar tidak hanya terfokus pada perawatan dengan produk mahal saja. Perawatan dari dalam juga sangat penting untuk dilakukan.

Mengonsumsi air putih secara rutin mampu menjaga asupan cairan dalam tubuh sehingga gangguan kulit seperti keriput dan kulit kering bisa diatasi sejak dini.

3. Mampu Mengatur Suhu Tubuh

Air yang tersimpan di lapisan bagian tengah kulit akan muncul ke permukaan sebagai keringat jika cuaca sedang panas. Keringat pada kulit merupakan salah satu bentuk penguapan yang dilakukan oleh tubuh untuk mendinginkan suhu bagian dalam tubuh.

Beberapa pakar dan ilmuwan juga menyatakan bahwa jika cairan di dalam tubuh terlalu sedikit, individu tersebut tidak bisa menoleransi panas yang terjadi di dalam tubuhnya.

4. Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau berat badan berlebih memang dapat memicu berbagai komplikasi penyakit berbahaya. Maka itu, penurunan berat badan harus dilakukan terutama mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Salah satu trik untuk menurunkan berat badan dengan cara relatif mudah adalah dengan mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi air putih sebelum makan mampu mencegah seseorang mengonsumsi makanan secara berlebihan dan juga dapat menciptakan rasa kenyang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...