Awas…5 Penyakit Ini yang Mungkin Kamu Derita Ketika Mengalami Sakit Punggung
ilustrasi sakit punggung ( Photo thinkstock )

Awas…5 Penyakit Ini yang Mungkin Kamu Derita Ketika Mengalami Sakit Punggung

Minggu, 8 Sep 2019 | 16:47 | Muchdi

Winnetnews.com -  Sakit punggung merupakan masalah yang dialami sehari-hari terutama pada mereka yang menghabiskan banyak waktu di kursi. Kurangnya aktivitas menjadikan kamu lebih berisiko mengalami sakit punggung ini.

Masalah sakit punggung ini sendiri bisa akut, muncul kembali, atau kronis dan terjadi pada bagian mana pun di tulang belakang. Pada banyak kasus, sakit punggung ini akut dan merupakan dampak dari cedera, postur yang buruk, atau saraf tegang.

Masalah sakit punggung ini biasanya terjadi selama beberapa hari dan hilang sendiri. Namun pada beberapa kasus, sakit punggung yang dialami ini bisa jadi berhubungan dengan kondisi medis lain yang kamu derita.

Sakit punggung ini bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan lain yang tanpa disadari ternyata kamu derita. Berikut lima masalah kesehatan yang ternyata bisa menimbulkan sakit punggung.

1. Kanker Jenis Tertentu

Walau jarang terjadi, rasa sakit bisa jadi gejala awal kanker jenis tertentu seperti kanker tulang. Rasa sakit yang parah dan terjadi dalam waktu lama bisa jadi munculnya kanker di tulang belakang, usus, rektum, atau ovarium.

Munculnya kanker ini juga bisa menjadi tanda kanker ini telah menyebar dan biasanya disertai gejala lain. Ketika kamu merasakan sakit punggung yang parah dan tidak disebabkan cedera atau hal lain, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

2. Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah kondisi peradangan kronis yang disebabkan oleh nyeri sendiri dan memunculkan sakit punggung bagian bawah. Hal ini menyebabkan kamu kehilangan mobilitas tulang belakang karena tubuhmu bereaksi terhadap peradangan karena bertumpuknya kalsium pada ligamen yang menempel pada tulang.

Peradangan ini bisa menyebabkan punggung kaku terutama setelah beristirahat dalam jangka waktu panjang. Ketika kondisi memburuk, rasa kaku dan tak bisa bergerak ini bakal dialami bagian lain tulang punggung.

3. Infeksi Tulang Punggung

Infeksi tulang punggung bisa disebabkan oleh bakteri atau jamur dan bisa terjadi karena beberapa alasan. Hal ini bisa terjadi pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau nutrisi yang buruk.

Selain rasa sakit yang muncul ketika tulang punggung bergerak, seseorang dengan masalah ini bakal mengalami pusing, leher kaku, menggigil, dan demam. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sedini mungkin jika kamu mengalami gejala ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...