Awas…Kebiasaan Mendengkur Ketika Tidur Buat Seseorang Jadi Lebih Cepat Tua Loh
Ilustrasi tidur mendengkur ( Photo boldsky )

Awas…Kebiasaan Mendengkur Ketika Tidur Buat Seseorang Jadi Lebih Cepat Tua Loh

Minggu, 23 Jun 2019 | 13:35 | Muchdi
Winnetnews.com - Mendengkur merupakan kebiasaan yang buruk dan mengganggu tidur seseorang maupun orang lain yang di dekatnya. Suara bising yang keluar dari dengkuran ini bisa menyebabkan gangguan tidur dan saluran pernapasan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Sleep menunjukkan satu hal yang yang menyebabkan kebiasaan mendengkur harus dihindari. Gangguan pernapasan ketika tidur yang disebabkan karena mendengkur juga diketahui bisa mempercepat penuaan pada seseorang. Dikutip dari situs Merdeka dari laman Medical Daily, Minggu (23/6/2019).

Gangguan pernapasan ketika tidur muncul sebagai masalah tak normalnya saluran napas selama tidur. Pasalnya, kurangnya oksigen dalam darah membuat terjadinya masalah ini.

Penelitian yang menghasilkan temuan ini menunjukkan bahwa masalah pernapasan ketika tidur ini bisa membuat tubuh seseorang lebih tua 215 hari dibanding usia aslinya. Gangguan tidur juga diketahui bisa membuat seseorang menua lebih cepat 321 hari dibanding usia sebenarnya.

"Usia biologis seseorang mungkin tidak sama dengan usia kronologikal," ungkap Xiaoyu Li, peneliti utama dari temuan ini.

"Data kami menyediakan bukti biologis yang mendukung munculnya efek fisik dan kesehatan dari masalah pernapasan ketika tidur yang tak diatasi," sambungnya.

Pada penelitian ini, peneliti menganalisis kesehatan dari 622 orang dewasa. Tim peneliti memeriksa DNA darah partisipan dan pola tidur mereka.

Hasil temuan menunjukkan bahwa wanita cenderung untuk mengalami penuaan biologis karena masalah pernapasan, lebih cepat dibanding pria. Namun peneliti menyebut bahwa masih butuh penelitian lanjutan untuk berfokus pada hal ini.

"Walau wanita sering disebut memiliki risiko lebih rendah terkait masalah kesehatan yang disebabkan masalah pernapasan karena tidur, hasil temuan kami menunjukkan meningkatnya masalah biologis ini," jelas Li.

Peneliti juga bakal melakukan riset lanjutan untuk menyelidiki apakah penanganan yang ada saat ini bisa membantu mengurangi bertambahnya usia. Li berharap bahwa penelitian lanjutan bakal menemukan cara untuk mengatasi hal ini.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...