B. J. Habibie Ingin Lurik Setara dengan Batik

B. J. Habibie Ingin Lurik Setara dengan Batik

Senin, 8 Agt 2016 | 17:00 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang kita kenal dengan sebutan B.J Habibie ingin mempopulerkan kain lurik kepada masyarakat. Presiden RI ke 3 itu prihatin dengan kurangnya minat masyarakat dengan kain lurik.

Habibie mengenakan baju lurik itu saat peresmian gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny. R.A Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Kota Bandung, Senin, 8 Agustus 2016. Habibie memamerkan kemeja lurik tersebut kepada para undangan yang hadir.

"Lihat pakaian saya keren kan. Ini namanya lurik, Kita harus beriorientasi pada produk dalam negeri, produksi dalam negeri tidak boleh dimatikan.” Kata Habibie dengan membanggakan pakaian luriknya yang berwarna cokelat keemasan.

Ia juga mengaku sedih karena kain sebagai bahan pakaiannya semakin langka. Termasuk saat ia berkunjung ke Yogyakarta. "Saya ke Jogja, saya tanya, saya mau beli lurik. Ternyata tidak ada karena lurik semua bangkrut, perusahaan kecil, yang pakai orang-orang tua. Maka saya pesan kepada wali kota di sana minta carikan," ujarnya.

Dari situlah ide tercetus untuk mempopulerkan kain lurik di kalangan masyarakat.

“Saya jadi dressman untuk lurik," tuturnya.

Ia juga ingin kain lurik memiliki tingkat yang sama dengan kain batik yang saat ini tengah populer.

"Sudah cukup selalu pakai batik. Pakai lurik dong, supaya menghidupkan kembali budaya yang sudah ada di tangan bangsa kita di Jawa Tengah," ucap dia.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...