Baarack, Seekor Domba yang Punya Bulu Seberat 35 Kilogram
Foto: Facebook/Edgar's Mission

Baarack, Seekor Domba yang Punya Bulu Seberat 35 Kilogram

Jumat, 26 Feb 2021 | 13:26 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Domba bulunya perlu dicukur secara rutin, agar tidak membuat tubuhnya terlihat semakin besar dan membuatnya tidak nampak seperti seekor domba lagi. Hal ini terjadi pada seekor domba di Australia, yang bulunya tidak pernah dipotong sejak 5 tahun yang lalu.

Foto-foto domba liar yang ditemukan di hutan Australia ini, menjadi viral karena bulunya terlihat tidak biasa. Domba ini diberi nama Baarack oleh penyelamatnya di Edgar’s Mision Farm Sactuary, dekat Lancefield, Victoria.

Baarack domba
Bulu Baarack tidak pernah dicukur hingga beratnya mencapai 35 kilogram. Foto: Facebook/Edgar's Mission

Domba ini diyakini dulunya tinggal di sebuah peternakan, terlihat dari ear tag miliknya yang robek karena lapisan wool di tubuhnya. Pada saat penyelamatan, Baarack hampir tidak terlihat seperti domba, tubuhnya yang ramping itu tersembunyi di balik tumpukan wol dan tanah yang beratnya mencapai 35 kilogram.

“Sementara kukunya dalam kondisi bagus karena menabrak bebatuan di hutan, dia berada dalam kondisi yang buruk. Dia kekurangan berat badan, dan karena semua bulu di sekitar wajahnya dia hampir tidak bisa dilihat,” kata Kyle Behrend dari Edgar’s Mission dikutip Oddity Central.

“Domba perlu dicukur setidaknya setahun sekali jika tidak bulu domba akan terus tumbuh dan berkembang, seperti yang terjadi di sini,” imbuhnya.

Mencukur bulu domba biasanya hanya memerlukan waktu beberapa menit, tapi kali ini staf di peternakan Edgar’s Mission harus menghabiskan lebih dari satu jam untuk menghilangkan bulu-bulu itu.

Baarack bisa disebut beruntung, karena orang-orang melihatnya di alam liar dan memberi tahu penyelamatnya di penangkaran hewan, karena bulu-bulunya yang besar tersebut sudah menjadi masalah serius.

Staf dari Edgar’s Mission menuliskan di akun Facebook mereka, bahwa jika tidak diselamatkan mungkin Baraack tidak akan selamat. Karena keadaanya yang putus asa dan peluang untuk bertahan hidup pun tipis.

“Banyak orang tidak menyadari bahwa wol dapat dengan mudah berubah menjadi bulu domba yang tidak praktis yang terus tumbuh sepanjang hidup seekor domba,” tulis mereka.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...