Skip to main content

Bacem kepala kambing disajikan dengan sambal rempah.

Bacem kepala kambing disajikan dengan sambal rempah.
Bacem kepala kambing disajikan dengan sambal rempah.

WinNetNews.com - Warung makan sederhana yang bernama Bacem Kepala Kambing H. Sukirman tersebut adalah satu-satunya tempat makan yang menyediakan olahan baceman kepala kambing di Yogyakarta.

Di daerah Sleman, tepatnya berada di Jalan Kaliurang km. 7, gang Kenanga nomor 7, Desa Babadan Baru atau belakang Pasar Kolombo.

Bacem adalah jenis masakan khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa manis. Umumnya bahan makanan yang diolah bacem adalah tahu atupun tempe. Tetapi sejak tahun 1967 warung makan tersebut telah menyajikan olahan khas satu ini.

Ditambahkannya, bumbu yang digunakan untuk membacem kepala kambing sama dengan bacem tahu maupun tempe. Bumbu-bumbu yang digunakan adalah bawang merah, ketumbar, salam, laos, garam gula jawa, dan asam.

Sebelum dimasak dengan beragam bumbu tersebut, kepala kambing terlebih direndam dengan air panas agar mudah dibersihkan dari dari bulu yang menempel dengan cara dikerok. Setelah dikerok, kepala kambing dibakar untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang masih di menempel pada kulit kepala.

image0

Setelah selesai dibersihkan, kepala kambing kemudian dimasak dengan beragam bumbu bacem. Untuk menghasilkan daging kepala yang empuk diperlukan waktu memasak 2 hingga 3 jam dengan menggunakan kayu bakar.

Baceman kepala kambing ini tidak disajikan secara utuh, tetapi dipotong kecil-kecil. Setelah pembeli memesan makanan, baru daging kepala kambing dipotong, kemudian digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan.

Baceman tersebut disajikan bersama sambal. Sekilas sambal tersebut seperti sambal kecap karena berwarna kecoklatan. Tetapi bahan untuk membuatnya adalah gula jawa yang dimasak dalam air bersama bumbu rempah, seperti daun salam, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk dan garam.

Pengunjung warung makan ini bisa memesan beberapa bagian dari kepala kambing, seperti otak, cingur, lidah, maupun mata.

Untuk satu porsi baceman kepala kambing dapat Anda nikmati mulai dari harga Rp 25.000 per porsi. Setiap harinya Bacem Kepala Kambing H. Sukirman buka dari jam 04.00 sore hingga 10.00 malam.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top