(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Badai Florence Akan Terjang North Carolina, Lebih 1 Juta Warga Diungsikan

Rusmanto
Rusmanto

Badai Florence Akan Terjang North Carolina, Lebih 1 Juta Warga Diungsikan ilustrasi

WinNetNews.com - Badai Florence akan menerjang wilayah Amerika Serikat (AS) bagian tenggara, khususnya North Carolina. Lebih dari 1 juta orang diperintahkan mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Seperti dilansir Reuters, Rabu (12/8/2018), badai Florence merupakan badai kategori 4 pertama yang menerjang North Carolina dalam enam dekade terakhir. Terakhir kalinya, badai kategori 4 yang menerjang North Carolina adalah badai Hazel tahun 1954 yang menewaskan 19 orang.

Badai Florence ini berpotensi membawa gelombang tinggi, hujan deras dan banjir parah. Badai kategori 4 dalam skala badai Saffir-Simpson, menurut Pusat Badai Nasional (NHC), adalah level terkuat kedua untuk ukuran badai yang memicu berpotensi kehancuran. Badai kategori 4 biasanya diwarnai angin kencang dengan kecepatan 209-251 kilometer per jam. 

Badai dengan level ini berpotensi memicu kerusakan pada rumah-rumah yang kokoh sekalipun, menumbangkan pepohonan atau tiang listrik, serta memutuskan jaringan listrik selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Sebelum badai Florence menyentuh daratan AS, diperkirakan angin kencang dan gelombang laut besar akan menerjang pantai North Carolina dan South Carolina, juga Virginia. NHC memperkirakan badai Florence akan bertambah kuat dan semakin besar dalam beberapa hari ke depan. 

Sebagai antisipasi, otoritas AS memerintahkan lebih dari 1 juta warga di tiga negara bagian tersebut untuk mengungsi dari area pantai. Universitas, sekolah dan pabrik-pabrik setempat ditutup sementara.

"Badai ini adalah monster. Jika Anda berhasil selamat dari badai sebelumnya, yang satu ini berbeda. Jangan pertaruhkan nyawa Anda menghadapi monster," imbau Gubernur North Carolina, Roy Cooper. Ditambahkan Cooper bahwa badai Florence akan membawa hujan deras selama berhari-hari di North Carolina. 

Pada Selasa (11/9) waktu setempat, Presiden AS Donald Trump menandatangani deklarasi masa darurat untuk North Carolina, South Carolina dan Virginia. Deklarasi semacam ini berarti pengucuran dana federal secara resmi ke tiga negara bagian itu untuk menangani dampak badai. 

"Kita akan mengerahkan sebanyak apapun yang dibutuhkan. Kita bersiap secara total," tegas Trump di Gedung Putih. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});