(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Badai Harvey Landa Texas, Terburuk Sejak 12 Tahun Terakhir

Rusmanto
Rusmanto

Badai Harvey Landa Texas, Terburuk Sejak 12 Tahun Terakhir ilustrasi

WinNetNews.com - Badai Harvey telah menerjang kawasan pesisir negara bagian Texas, Amerika Serikat, dengan kecepatannya mencapai 215km/jam.

Badai yang diperkirakan kekuatannya akan bertambah, merupakan yang terburuk dalam 12 tahun terakhir di kawasan tersebut.

Presiden AS Donald Trump telah menetapkan status bencana nasional terkait serangan badai itu, sehingga akan memudahkan bantuan federal ke wilayah yang terdampak paling parah.

Sementara itu Gubernur Texas, Greg Abbott telah memperingatkan akan terjadinya banjir di beberapa wilayah. Termasuk kategori empat, kekuatan badai menyebabkan pohon-pohon tumbang dan menyebabkan pemadaman listrik di kota Corpus Christi. Ribuan warga dilaporkan berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atap rumah dan lainnya memilih mengungsi.

Walaupun demikian, masyarakat diperingatkan bahwa badai itu tetap berbahaya, karena dapat meluluhlantakkan bangunan. Walikota Rockport, Patrick Rios, telah mendesak warga kota-yang masih bertahan di rumahnya agar segera meninggalkan lokasi tempat tinggalnya

Rios mengatakan ada beberapa warganya yang terjebak di sebuah rumah penampungan untuk orang-orang tua, di mana atapnya roboh dan tim penyelamat tidak dapat mengaksesnya, menurut laporan CBS.

Menurut pernyataan dari Gedung Putih, Trump kemungkinan akan mengunjungi Texas awal pekan depan. Bagaimanapun, badai tersebut kemungkinan merupakan badai terkuat yang melanda AS sejak Oktober 2005, yaitu ketika Badai Wilma melanda wilayah pesisir Florida.

Sejumlah laporan menyebutkan, antrean mobil yang mulai memanjang telah meninggalkan wilayah tengah Texas, sehingga band Inggris Coldplay telah membatalkan konsernya di Houston pada Jumat malam. Sementara itu, sedikitnya 20.000 penumpang di tiga kapal pesiar tidak dapat merapat di pelabuhan Galveston, Texas. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});