Bagaimana Cara Mewujudkan Resolusi dengan Kemungkinan 97% Berhasil?
Google

Bagaimana Cara Mewujudkan Resolusi dengan Kemungkinan 97% Berhasil?

Rabu, 26 Feb 2020 | 11:45 | Elvan

Winnetnews.com - Setiap tahun, selalu ada ritual membumi yang bernama RESOLUSI. Di awal tahun, orang-orang menetapkan Goal. Goal dalam keuangan, hubungan, karir, kesehatan, dan goal lainnya dalam kehidupan.

Tapi muramnya, fakta berbicara bahwa 8 dari 10 orang gagal mewujudkan resolusi. Kebanyakan hanya bertahan sampai bulan Februari dan tidak lagi konsisten mewujudkan resolusinya alias mager.

Kenapa? Goal hanya akan berakhir wacana tanpa adanya GOAL SETTING. Ya, Goal bukan hanya sekedar goal, tapi juga harus memiliki rencana yang jelas dan terukur. Tanpa rencana, hanya akan jadi wacana.

Ada banyak versi teknik Goal Setting yang bisa Anda temukan. Teknik Goal Setting menurut si A, teknik Goal Setting menurut si B, dan seterusnya. Tapi ada satu teknik Goal Setting yang sangat ampuh dan bisa membantu Anda meningkatkan 97% kemungkinan berhasil mewujudkan resolusi Anda yaitu teknik S-M-A-R-T.

Apa itu teknik Goal Setting S-M-A-R-T?

SPESIFIC

Dalam ilmu Goal Setting, goal Anda harus sespesifik mungkin.

Contoh goal tidak spesifik (salah) : “Target saya ingin jadi kaya.”

Contoh goal spesifk (benar) : “Target saya ingin punya penghasilan 50 jt/bulan.”

Goal yang spesifik mengandung angka/fakta, bukan sesuatu yang samar-samar.

MEASURABLE

Measurable artinya terukur. Caranya dengan menggunakan deadline. Teknik Goal Setting ini sangat penting. Kalau tidak terukur, sulit sekali mengetahui apakah Anda sudah on track atau tidak.

Contoh goal tidak terukur (salah) : “Kurangi pengeluaran.”.

Contoh goal terukur (benar) : “Kurangi pengeluaran sebesar 20% dalam 3 bulan kedepan.”

ACHIEVABLE

Achievable artinya bisa dicapai. Teknik Goal Setting ini sering diabaikan banyak orang. Goal harus masuk akal dan bisa dicapai. Membuat goal yang terlalu tinggi hanya akan menciptakan stres.

Contoh goal tidak masuk akal (salah) : “Saya ingin turun berat badan 20 kg dalam 2 hari.”

Contoh goal masuk akal (benar) : “Saya ingin turun berat badan 20 kg dalam 10 hari. Saya akan stop konsumsi gula dan setiap hari selama minimal 1 jam/hari saya akan lari pagi.”

RELEVANT

Pastikan goal Anda selaras dengan arah yang Anda inginkan dalam bidang lainnya sehingga tidak bertabrakan satu sama lainnya.

TIME-BOUND

Anda harus mempunyai garis finish. Pertanyaan yang tepat adalah “Kapan saya ingin mencapai resolusi atau goal saya?”. Anda bisa tetapkan tanggal, bulan, dan tahun.

Itulah Goal Setting dengan teknik S-M-A-R-T.

Akan sangat berbeda ketika Anda berusaha mewujudkan resolusi Anda dengan atau tanpa teknik tsb. Dengan teknik tsb, akan sangat membantu Anda mewujudkan resolusi Anda. Semoga, resolusi Anda di tahun 2020 bukan hanya resolusi, tapi menjadi kenyataan.

Selamat mewujudkan resolusi 2020 Anda. (elv/scd)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...