Bagaimana Cara Sinar Matahari Merusak Kulit?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Bagaimana Cara Sinar Matahari Merusak Kulit? Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Saat musim panas, kebanyakan wanita akan menggunakan krim tabir surya untuk melindungi kulit mereka. Karena jika kulit kita terkena pancaran sinar matahari secara terus menerus akan muncul bintik-bintik hitam, keriput bahkan kanker kulit. Intinya terlalu lama terserang matahari, kulitmu akan rusak.

Saat ini, pengakuan atas risiko yang ditimbulkan oleh sinar UV telah memotivasi ilmuwan. Mereka tertarik untuk mempelajari apa yang terjadi di sel kulit kita saat berada di bawah sinar matahari, dan merancang cara modern untuk menangkal kerusakan itu.

Sinar matahari terdiri dari sepaket energi yang disebut foton. Secara kasat mata memang tak terlihat dengan mata telanjang. Sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. sinar UV dapat dibagi menjadi dua kategori: UV A (dalam rentang panjang gelombang 320-400 nanometer) dan UV B (dalam kisaran panjang gelombang 280-320 nm).

Kulit kita mengandung molekul yang terstruktur sempurna untuk menyerap energi foton UVA dan UVB. Ini menempatkan molekul ke dalam kulit. Molekul-molekul ini mengalami reaksi kimia, dan akan terjadi konsekuensi pada biologis dalam kulit.

Menariknya, beberapa efek ini digunakan untuk membantu beradaptasi, meskipun kulit kita sudah terlanjur rusak karena sinar matahari. Cara menyamakan ini karena produksi pigmen melanin ekstra yang disebabkan oleh sinar UVA. Paparan sinar matahari juga membakar jaringan antioksidan alami kulit, yang menonaktifkan spesies yang sangat merusak oksigen reaktif (ROS) dan radikal bebas. Jika dibiarkan, ini bisa menyebabkan kerusakan sel di dalam kulit.

Nah, agar kulitmu gak rusak karena sinar matahari yang menyengat, Kamu bisa gunakan tabir surya yang mengandung filter UV: molekul yang dirancang khusus untuk membantu mengurangi jumlah sinar UV yang menjangkau melalui permukaan kulit. Molekul ini membentuk penghalang pelindung, baik menyerap (filter kimia) atau pemantulan (physical blocker) sinar UV sebelum dapat diserap oleh DNA dan molekul reaktif lainnya di dalam kulit.

Nah, kalau aktivitasmu terlalu sering di luar ruangan, kamu bisa gunakan krim tabir surya agar kulitmu bisa terawat dan gak cepat rusak.

Apa Reaksi Kamu?