Bagaimana Langkah Obama di Suriah?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Bagaimana Langkah Obama di Suriah?

 

Wingamers.com - Pejabat pertahanan Amerika Serikat mengatakan Rusia mengirim 32 pesawat tempur dekat pantai Suriah, dengan 16 helikopter, sembilan tank dan misil darat ke udara. Ini membuat Obama pusing.

Seperti dilansir The Guardian, masuknya Rusia ke konflik Suriah menohok kegagalan politik luar negeri Amerika Serikat yang gagal di Suriah. Tahun 2014 Amerika Serikat berencana melatih ribuan pemberontah Suriah untuk mendongkel Bashar Al Assad, namun rencana itu harus dikubur dalam-dalam sebab intervensi Rusia membuat konstelasi politik berubah.

Langkah cepat Putin membuat langkah Obama terlihat lambat dan tidak punya strategi yang jelas. Bahkan senjata kiriman Amerika Serikat untuk pemberontak ada yang jatuh ke tangan Al-Qaida. Salah satu kegagalan strategi Obama adalah fokus Amerika Serikat hanya pada ISIS, ini bagi warga Suriah dianggap tidak penting sebab mereka awalnya menderita karena perang saudara. Keterlibatan Amerika Serikat yang terbatas ini juga membuat gerak lambat sebab patroli pesawat tempur jadi hanya sedikit.

Lalu bagaimana langkah Obama selanjutnya? Amerika Serikat sepertinya akan mengusahakn diplomasi agar tidak terlalu kentara bentrok dengan Rusia. Obama sebenarnya terlihat enggan sebab tidak mau terlalu melibatkan Amerika Serikat dalam konflik berdarah dan bisa jadi Obama lega Rusia "ikut campur" sebab itu artinya dua negara adidaya itu akan "menanggung" tanggung jawab bersama.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});