Bagaimana Membicarakan Politik Dengan Anak?

Bagaimana Membicarakan Politik Dengan Anak?

Sabtu, 16 Jan 2016 | 17:58 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Topik politik belakangan sedang marak menjadi pembicaraan masyarakat kita. Namun sebagai orangtua pernahkah Anda pikirkan soal apa yang ada di pikiran anak mengenai situasi politik yang ada di media?

Daripada berbicara mengenai politik, mungkin anda berpikir bahwa anak usia 8 tahun akan lebih memilih untuk bermain video games dan anak usia 14 tahun lebih akan memilih untuk sibuk dengan media sosialnya. Tapi faktanya sebaliknya, lho.

Menurut survey yang dilakukan KidsHealth.org pada 2000 anak-anak dan remaja, 75 persen anak-anak dan 79 persen remaja menyatakan bahwa hasil pemilu akan mengubah kehidupan mereka. Lalu, hampir 50 persen remaja menyatakan bahwa mereka mendapatkan setidaknya sedikit pengaruh dari pilihan kandidat orangtuanya.

Menyadari hal tersebut, pembicaraan dengan anak anda mengenai isu politik termasuk penting. Pembicaraan tersebut bukan hanya dapat membantu anak anda dalam memperluas wawasan dan mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis, namun juga dapat meluruskan kesalahpahaman yang mungkin ada pada anak-anak anda.

 

Kesalahpahaman terkadang dapat membuat kecemasan terhadap anak-anak. Dalam pembicaraan politik mungkin akan ada perbedaan pendapat anda dengan anak anda. Hal tersebut adalah hal yang lazim dan cobalah gali lebih dalam alasan pendapat mereka dan tunjukan bahwa anda menghargai pendapat mereka.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam diskusi politik dengan anak anda, yaitu tetaplah positif, tetap tenang, serta libatkan dan perkenalkan proses politik yang anda ikuti.

Pada awal pengenalan anak-anak terhadap politik perlu ditekankan bahwa opini, pendapat, dan suara mereka sangat berpengaruh. Jadi jangan sampai mereka pesimis terhadap suatu situasi politik dan tidak mau memiliki sikap kritis terhadap kondisi negaranya sendiri.

(seperti dilansir Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...