Bagaimana Menjadi Orangtua Sukses?

Bagaimana Menjadi Orangtua Sukses?

Sabtu, 16 Jan 2016 | 18:48 | Muhammad Takdir

WinNetNews.com - Sebagai orangtua sulit untuk mengira-ngira apakah hal yang kita lakukan dalam membesarkan anak sudah benar dan berdampak baik hingga dewasa atau justru malah berdampak buruk. Ada beberapa yang bisa jadi petunjuk bagi orangtua dari para ahli sains mengenai hal-hal yang dimiliki oleh “successful” parents:

1. jangan over protective

di zaman yang serba modern sekarang ini banyak orangtua yang secara disadari ataupun tidak, melakukan proteksi kepada anak yang berlebihan. Menurut penelitian, hal ini dapat berdampak buruk pada anak secara berkepanjangan. Anak-anak dengan orangtua over protective memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi. Dengan proteksi yang berlebihan dapat menyebabkan anak gagal menghadapi realitas kehidupan yang sangat kompetitif baik di lingkungan kerja maupun kondisi ekonomi global.

 

2. Ibu yang bekerja

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School menghasilkan bahwa ibu yang bekerja memiliki dampak yang panjang dalam kehidupan anak. Kathleen L. McGinn, seorang penulis, mengatakan bahwa apa pekerjaan ibu tidak akan terlalu berpengaruh, namun bagaimana ibu mengambil peran dil uar dan di dalam rumah dapat dijadikan contoh terutama bagi anak putri dalam menjalaninya nanti. McGinn menyimpulkan bahwa ayah dan ibu yang bekerja akan dapat menjadi contoh yang sangat baik untuk anak.

 

3. Mau berkata tidak kepada anak

Sebagai orangtua anda harus dapat membuat pengertian kepada anak-anak bahwa hal-hal baik akan terjadi pada orang yang mau menunggu. Menurut penelitian anak-anak yang mau bersabar akan berkembang lebih baik secara kognitif dan kehidupan sosial pada masa remaja, serta memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengatasa frustasi dan stress.

 

4. Mendukung anak untuk bersosialisasi

Menurut penelitian Penn State University, kemampuan bersosialisasi adalah kunci untuk sukses jangka panjang. “Kemampuan sosial seperti bekerjasama, mendengarkan orang lain, dan membantu teman sekelas, dapat menjadi ukuran bagaimana anak akan dihargai dalam dua dekade kedepan oleh masyarakat,” ujar seorang peneliti.

 

5. Memiliki hubungan yang baik dengan anak

Tiga hal yang menjadi faktor utama untuk sukses dalam membesarkan anak adalah stabilitas keuangan, mengajarkan anak bagaimana menghadapi kesulitan, dan hubungan yang baik dengan tingkat konflik yang rendah.

 

6. Mengajarkan bagaimana anak-anak mengatur emosinya

Anak yang sulit mengendalikan emosinya, akan cenderung gagal dalam kehidupan sosialnya. Jadi dalam membesarkan anak, hal mengendalikan emosi adalah salah satu hal terpenting untuk diajarkan kepada anak. Kegagalan dalam bersosialisasi akan mempersulit anak untuk menggapai mimpinya. Karena kesuksesan memerlukan bantuan dari lingkungan sekitar.

 

7. Bekerja sama dengan guru

Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak di usia SD mendapatkan penghargaan lebih banyak pada saat mereka dan orangtua mereka mengalami hubungan yang saling mendukung dengan guru mereka

 

8. Percaya diri

Parenting merupakan proses dengan kesabaran dan perubahan. Pada saat anda sudah merasa mengerti dengan keadaannya, anda malah harus beradaptasi kembali dengan tahap baru dalam proses tersebut.

(seperti dilansir dari CNN Indonesia)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...