Bagaimana Sebaiknya Mengonsumsi Minuman Isotonik?

Bagaimana Sebaiknya Mengonsumsi Minuman Isotonik?

Senin, 9 Nov 2015 | 18:59 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Minuman isotonik memang diiklankan untuk membantu mereka yang kehausan setelah berolahraga. Pada aktivitas fisik biasa, tubuh kehilangan air sebanyak dua sampai dua setengah liter perhari. Minuman ini mengandung elektrolit dan karbohidrat sebesar 6-8%, osmolalitas atau kekentalannya sama dengan darah. Itu sebabnya, minuman isotonik dapat lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding jenis minuman lainnya.

Bagaimana sebaiknya mengonsumsi minuman isotonik? Konsumsilah minuman ini 10-15 menit sebelum latihan, sebanyak 200-250 ml. Ulangi setiap 20-30 menit sekali. Jika olahraga atau aktivitas fisik yang Anda lakukan berintensitas tinggi, minum setiap 10 menit sekali. Atau, minum secukupnya, setiap kali merasa haus.

Perlu diperhatikan: Penderita gagal ginjal, diabetes, sakit jantung, dan penderita gangguan lambung sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi minuman ini. Hal ini disebabkan tubuh mereka memiliki respons yang berbeda terhadap apa yang dikonsumsinya. Namun jangan salah paham soal isotonik dan minuman berenergi, ini beda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...