Bagaimana Stres Bisa Memengaruhi Kulit dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi, Unsplash

Bagaimana Stres Bisa Memengaruhi Kulit dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 7 Mar 2020 | 09:45 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Stres yang terjadi pada kita bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pekerjaan, kehidupan percintaan, hingga masalah yang terjadi di lingkungan. Tidak hanya dapat menganggu pikiran, stress juga dapat menyebabkan kesehatan kulit kita terganggu.

Mengutip Huffpost, seorang dermatologis di Mount Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat, Dr Joshua Zeichner mengatakan, “Stres bukan teman kita, tidak juga untuk pikiran ataupun kulit kita."

Kulit merupakan organ terbesar dari tubuh kita dan dapat memperlihatkan tanda-tanda stress dalam cara yang berbeda. Meskipun setiap orang memiliki tanda yang berbeda, namun Joshua memberikan beberapa efek yang dialami oleh kulit saat seseorang mengalami stres.

Peradangan

Saat kita merasa stress maka pencernaan yang ada di usus akan menjadi lambat. Semakin lama stress terjadi, maka semakin besar dampaknya pada pencernaan. Kondisi ini bisa memengaruhi bakteri yang ada di usus. Sebuah penelitian menemukan bahwa tingkat stress yang tinggi dapat memengaruhi bakteri usus, sama seperti makanan berlemak. Peradangan kemudian membuat kulit mengalami break out dan tumbuh jerawat.

Kulit kering

Kapanpun tubuh mengalami stress, hormone yang ada di tubuh kita bekerja lebih keras. Akibatnya kita mengalami lonjakan adrenalin dan kortisol. Adrenalin yang meningkat membuat kita mudah berkeringat, sehingga kulit menjadi dehidrasi. Mereka yang memiliki kulit kering umumnya lebih rentan terkena eksim. Salah satu penyebab dari eksim adalah stress.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...