Bagaimana Wajib Militer Di Negara Lain?

Bagaimana Wajib Militer Di Negara Lain?

WinNetNews.com - Bagaimana wajib militer di negara lain? Singapura mewajibkan penduduknya yang sudah berusia 18 tahun ikut wajib militer sejak tahun 1976. Selain warga negara Singapura, permanent resident alias mereka yang sudah tinggal permanen juga wajib ikut. Kita sedang dalam wacana bela negara.

Di Korea Selatan, tanpa terkecuali semua pria terkena wajib militer. Sejumlah artis Korea Selatan pun tak bisa mengelak jika sudah menyangkut wajib militer. Maklum negara ini memang selalu dalam kondisi darurat dengan tetangganya Korea Utara yang juga mewajibkan warganya ikut latihan kemiliteran. Kedua negara memang dalam kondisi gencatan senjata semenjak perang tahun 1953.

Di Taiwan yang bersitegang dengan China, setiap lulusan SMA juga wajib ikut wajib militer selama dua tahun. Bagi yang mangkir, jangan harap bisa dapat pekerjaan. Setiap perusahaan mewajibkan pelamar melampirkan surat keterangan sudah mengikuti wajib militer.

Begitu pula Israel. Tak hanya pria, pemerintah Israel juga mewajibkan wanita yang berusia 18 tahun dan sehat harus ikut wajib militer. Sedangkan Latvia, negara yang bertetangga dengan Rusia, sedang mempertimbangkan wajib militer lagi sebab melihat polah Rusia yang mengkhawatirkan di Ukraina. Namun karakteristik wajib militer tiap negara berbeda, Israel, Taiwan dan Korea Selatan selalu dalam bahaya sedangkan Singapura tidak begitu. Bagaimanapun wacana wajib militer dan bela negara harus disesuaikan dengan kondisi sosial politik yang ada.