Bagi Pemain Sepak Bola, Cedera Lutut Ini Harus Diwaspadai
ilustrasi

Bagi Pemain Sepak Bola, Cedera Lutut Ini Harus Diwaspadai

Senin, 24 Jun 2019 | 08:14 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bagi Anda penggemar olahraga sepakbola, pasti sering mendengar istilah robekan meniskus. Robekan meniskus merupakan cedera yang umum terjadi pada atlit sepakbola dan termasuk dalam 4 cedera yang paling sering dialami oleh para pesepakbola.

Apa itu robekan meniskus?

Meniskus adalah sebuah jaringan tulang rawan pada lutut yang berfungsi sebagai bantalan dan menstabilkan persendian lutut. Keberadaan meniskus membuat kedua tulang paha dan tulang kering tidak saling bergesekan ketika terjadi pergerakan pada sendi lutut. Setiap sendi memiliki 2 meniskus, yaitu di tepi bagian luar dan di tepi bagian dalam.

Cedera pada meniskus terjadi akibat pergerakan memutar pada sendi lutut ketika kaki dalam kondisi menapak dan sendi lutut dalam posisi ditekuk. Terkadang, trauma langsung pada lutut juga dapat menyebabkan robekan meniskus. Semakin tua, meniskus akan semakin lemah dan rentan terhadap cedera.

Ciri-ciri dan gejala robekan meniskus

Gejala robekan meniskus terdiri dari 3 derajat. Dengan robekan meniskus ringan, Anda akan merasakan nyeri minimal dan pembengkakan sendi lutut yang biasanya akan sembuh dalam 2-3 minggu.

Pada robekan meniscus sedang, Anda akan merasakan nyeri yang lebih terlokalisir, bisa di sisi luar lutut atau di sisi dalam lutut. Bengkak akan semakin buruk dalam 2-3 hari. Sendi lutut menjadi kaku dan pergerakan menjadi terbatas. Gejala akan menghilang dalam 2-3 minggu, namun bisa muncul kembali jika lutut Anda terpelintir atau digunakan terlalu sering. Jika tidak ditangani, nyeri dapat timbul-tenggelam selama bertahun-tahun.

Sedangkan pada cedera meniskus berat, sebagian meniskus dapat terputus dan berpindah ke ruang sendi menyebabkan lutut Anda mengeluarkan suara “pop!” atau sendi Anda menjadi terkunci. Artinya, Anda jadi tidak dapat meluruskan sendi lutut Anda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...