Bagi Penggemar Fotografi, Ikutilah Lomba Foto Hilal

Rusmanto
Rusmanto

Bagi Penggemar Fotografi, Ikutilah Lomba Foto Hilal ilustrasi

WinNetNews.com - Menjelang Ramadan ini, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menggelar lomba foto hilal alias bulan sabit muda pertama. Bagaimana caranya?

Lapan menggelar "Lomba Fotografi Hilal dan Keantariksaan" dalam rangka Hari Keantariksaan dan World Space Week pada 6 Agustus 2017 nanti.

"Lomba foto hilal untuk umum, bukan cuma untuk muslim. Hilal yang difoto adalah hilal bulan Ramadan, Syawal, Dzulqoidah dan Dzulhijah," ujar Kepala Lapan Prof Thomas Djamaluddin, Jumat (26/5/2017).

Secara umum, lanjut dia, hilal adalah bulan sabit pertama yang sangat tipis sekali. Biasanya, hilal bisa diamati setiap tanggal 29 bulan Kalender Qamariah.

"Awal Ramadan, 29 Sya'ban atau 26 Mei 2017 ini tergolong hilal paling baik, cukup tinggi. Hilal Syawal kecil, bisa dikejar juga hari berikutnya. Lombanya mencari hilal yang paling muda dan tentu dengan gambar hilal yang jelas," tuturnya.

Bagaimana melihat hilal?

Thomas menyarankan para peserta memilih daerah yang ufuk baratnya terbuka, umumnya daerah pantai atau di tanah terbuka yang ufuk barat tak terhalang pohon atau bangunan.

"Supaya matahari terbenam bisa diikuti, posisi hilal di sebelah kiri atas titik matahari terbenam," imbaunya.

Apa Reaksi Kamu?