Bagi Perenang, Ini Obat Alami untuk Atasi Infeksi Pada Telinga
ilustrasi

Bagi Perenang, Ini Obat Alami untuk Atasi Infeksi Pada Telinga

Sabtu, 15 Jun 2019 | 18:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Berenang memang memberikan segudang manfaat bagi tubuh. Itu sebabnya, tidak ada yang menyangka kalau olahraga air yang satu ini bisa membawa penyakit, khususnya penyakit infeksi telinga. 

Ya, kondisi tersebut dinamakan otitis eksterna atau yang juga akrab dikenal sebagai telinga perenang. Kalau sudah terlanjur mengalaminya, adakah pengobatan alami untuk mengatasi otitis eksterna ini?

Apa penyebab otitis eksterna?

image0

Sebelum beranjak untuk mencari tahu pengobatan alami otitis ekstera, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu kenapa kondisi ini bisa terjadi. Otitis eksterna merupakan infeksi di bagian luar telinga, yang disebabkan oleh adanya air pada bagian dalam telinga.

Normalnya, serumen atau cairan yang dihasilkan oleh telinga bertugas untuk melawan bakteri maupun virus penyebab infeksi telinga. Akan tetapi, air yang terperangkap di dalam telinga tersebut menciptakan lingkungan yang lembap, sehingga memudahkan munculnya bakteri.

Terlebih ketika Anda hobi menggaruk telinga, yang akan semakin merusak lapisan kulit halus di bagian ini. Lapisan kulit yang rusak tersebut seolah memberi ruang bagi bakteri untuk berkembangbiak. Dalam kondisi ini, serumen telinga tidak mampu membasmi bakteri karena dukungan kondisi yang lembab justru memicu terjadinya infeksi.

Otitis eksterna banyak dialami oleh perenang maupun orang yang suka berenang, karena telinga yang rentan kemasukan air. Inilah mengapa otitis eksterna juga disebut sebagai swimmer’s ear atau telinga perenang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...