(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bagian yang Wajib Dibersihkan Ketika Memandikan Anak

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Bagian yang Wajib Dibersihkan Ketika Memandikan Anak

WinNetNews.com – Untuk menjaga kesehatan tubuh, dianjurkan mandi 2 kali sehari. Terlebih lagi anak-anak yang aktif bergerak akan sangat mudah berkeringat.

Memandikan anak tidak semudah itu. Masih banyak ibu yang melalaikan bagian-bagian pada tubuh si anak yang tidak dibersihkan. Melansir Ayahbunda, berikut bagian tubuh anak yang lalai dibersihkan.

1. Ketiak

Kulit yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai infeksi perlu dirawat dan dijaga. Kotoran, keringat, minyak kulit akan menumpuk di permukaan kulit. Ini dapat mengganggu jika sampai anak terjangkit penyakit kulit. Misal eksim dan kurap. Selain itu juga dapat menimbulkan bau badan. Pastikan seluruh lipatan di bagian tubuh, seperti ketiak juga dibersihkan saat mandi.

2. Pusar

Lapisan kulit pusar sangat tipis dan biasanya agak tersembunyi. Ini memudahkan jamur dan bakteri tumbuh. Keringat dan sabun yang masuk ke pusar berisiko membuat bakteri tumbuh dengan pesat. Ini bisa menyebabkan radang.

Margaret Grell, M.D, dokter spesialis anak dari Joe DiMaggio Children's Hospital di Hollywood, Florida, AS, seperti dilansir dari laman Parents, memberikan tip membersihkan pusar. Gunakan kapas pembersih telinga (cutton bud) yang telah dicelupkan air hangat. Lalu, usapkan ke sekitar pusar dengan lembut. Lakukan sekali lagi, tapi kali ini dengan cutton bud kering untuk mengelap sisa cairan hingga benar-benar kering.

3. Rambut

Seberapa sering rambut anak dibersihkan? Parentingmenuliskan, frekuensi mencuci rambut berbeda berdasarkan usia anak. Misal, untuk bayi cukup satu hingga dua kali seminggu. Tapi untuk balita, apalagi yang aktif maka tiga kali seminggu atau bahkan setiap hari pun diajurkan. Apalagi jika anak memiliki rambut panjang.

4. Gigi

Sejak gigi pada bayi sudah tumbuh, maka Anda disarankan untuk membersihkan gigi ketika memandikannya. Menjaga kesehatan gigi akan mencegah timbulnya karies atau gigi berlubang akibat gula dari sisa makanan dan bakteri yang menempel. Agar anak mau menggosok gigi, Anda bisa menggunakan cermin saat menggosok gigi anak. Beberapa tip yang ditulis NHS, bisa diikuti.

5. Organ genital

Saat mandi merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan organ genital anak. Untuk membersihkan daerah liputan di bawah skrotum (buah zakar) ke arah anus dengan kapas basah. Ingat, lakukan satu arah yakni dari depan ke belakang. Jangan menggosok bolak-balik karena bisa memicu iritasi (lecet) dan infeksi. Seperti dilansir dari Babycenter.

Sedangkan untuk anak perempuan, ketika mandi pastikan busa sabun tidak masuk ke area genital. Jika anak sudah mandi, cucilah alat kelaminnya dan bilaslah menggunakan air bersih. Setelah itu, untuk menghilangkan semua sisa sabun, gunakan waslap.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});