Skip to main content

Bahagia itu Sederhana, Begini Caranya!

Bahagia bisa dilakukan dengan memotret diri sendiri dan orang lain. Foto: Istimewa
Bahagia bisa dilakukan dengan memotret diri sendiri dan orang lain. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Siapa pun orangnya pasti ingin hidup bahagia. Sayangnya berbagai macam rutinitas dan permasalahan di kehidupan sehari-hari sering membuat seseorang sulit untuk merasakan kebahagiaan.

Bahagia itu sederhana, setiap orang sejatinya punya cara masing-masing untuk menciptakan kebahagiaan di dalam hidupnya. Dilansir dari Wolipop, berikut ini ada cara unik dan sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat kamu bahagia sepanjang hari.

Salah satu cara membuat hidup kamu bahagia adalah dengan memotret diri sendiri atau memotret orang lain. Setidaknya menurut sebuah hasil penelitian yang satu ini, menunjukan bahwa memotret bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Penelitian yang melibatkan 2.000 responden menunjukkan, memotret berbagai momen, baik itu dengan ponsel, kamera digital atau kamera profesional, bisa jadi kunci untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan. Bagaimana bisa?

Responden berpartisipasi dalam eksperimen dengan dua situasi yang berbeda. Dalam situasi pertama, mereka diminta mengambil foto dari kejadian apapun yang ditemui. Sementara di situasi lainnya, para responden tidak perlu memotret.

Selanjutnya mereka diminta mengisi survei tentang apa yang dirasakan ketika mereka memotret dan tidak memotret. Hasil studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology tersebut menunjukkan, responden yang melakukan tugasnya memotret, merasa lebih menikmati aktivitas yang saat itu mereka lakukan.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa, fotografi bisa menambah kesenangan dari sebuah pengalaman positif dengan meningkatkan keterikatan," kata Kristin Diehl, peneliti dari University of South California.

Tak hanya kegiatan memotret yang membuat bahagia. Selfie pun bisa membangkitkan perasaan senang. Penelitian dari University of California (UCI) menunjukkan, selfie bisa menjadi alternatif penghilang stres bagi orang-orang muda, seperti mahasiswa.

Baca juga:Karakter Cowok dari Cara Doi Ngapel, Yuk Intip!

Untuk penelitian ini, Yu Chen dari UCI menganalisa perilaki 41 mahasiswa pria dan wanita selama empat minggu. Mereka diminta untuk melakukan kegiatan seperti biasa, misalnya datang ke kelas dan bertemu teman. Setiap partisipan kemudian diminta untuk mengisi survei dan selfie melalui aplikasi.

Mereka harus memotret diri sendiri sambil tersenyum, sesuatu yang membuat senang, dan sesuatu yang sekiranya membuat orang lain senang. Hasilnya, sejumlah orang mengaku lebih percaya diri dan nyaman ketika berfoto selfie sambil tersenyum. Sedangkan yang lain juga merasakan manfaat lain seperti, lebih bersyukur, tenang, dan mengurangi stres.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top