Bahagianya Para Bocah yang Ikut Mudik Bareng Gunakan Kapal Laut

Zulkarnain Harahap
Zulkarnain Harahap

Bahagianya Para Bocah yang Ikut Mudik Bareng Gunakan Kapal Laut KM Dobonsolo yang mengangkut pemudik saat masih bersandar di Tanjung Priok/Foto: Zool WNN

WinNetNews.com - Bermain. Hanya satu kata itu dalam dunia anak-anak. Apa dan bagaimana pun situasi dan kondisinya. Itu juga yang berlaku bagi anak-anak peserta program mudik gratis Kementerian Perhubungan, saat menikmati perjalanan mereka kembali ke kampung halaman dengan moda kapal laut KM Dobonsolo.

"Senang naik kapal karena bisa main-main dan ketemu teman-teman baru," ungkap Fitris (10), salah satu peserta mudik gratis, seperti dikutip dari pernyataan resmi, Jumat (23/06/2017).

Ia tampak menghampiri kedua orang tuanya, Waskoni (39) dan Sukarman (42), serta kakak laki-lakinya Arifin (14) di dek 4 KM Dobonsolo setelah bermain dengan beberapa anak peserta mudik lainnya di sisi lain dek tersebut. Waskoni, ibu dari Fitris, mengatakan bahwa kedua anaknya tampak bersemangat ketika dirinya memberitahu bahwa mereka sekeluarga akan mudik naik kapal laut.

"Sebelumnya kami sudah pernah mudik naik bus, tapi anak-anak mabuk perjalanan. Bahkan ketika kami naik mobil pribadi dengan adik saya, anak-anak juga mabuk perjalanan dan bosan," kata Waskoni.

Ada banyak keluarga yang melakukan mudik dengan membawa anak-anak mereka yang masih kecil dengan kapal laut. Sebagian dari mereka terlihat menikmati perjalanan pelayaran dengan bermain bersama anak-anak lain yang sebaya, ada pula yang melihat pemandangan laut lepas keluar dek bersama orang tua atau kakaknya. Tidur dengan matras yang digelar di lorong-lorong tangga kapal juga tidak menghentikan mereka dari tertidur pulas ketika jam malam sudah mulai larut.

KM Dobonsolo bergerak meninggalkan pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju pelabuhan Tanjung Emas di Semarang pada pukul 4 sore, tapi mulai dari jam 9 pagi, para calon pemudik sudah mulai berdatangan.

Siti Nurhayati (37), yang membawa tiga orang anaknya, mengatakan bahwa ia sudah tiba di lokasi sejak jam 7 pagi agar bisa mendapatkan kamar untuk keluarganya.

Ia pun mengakui bahwa ketiga anaknya menikmati perjalanan mudik yang akan mereka lanjutkan ke Purwodadi itu.

"Enak naik kapal, pelayaran 14 jam tidak masalah karena kita tidur di kamar. Anak-anak senang, mereka berlari-lari main, daripada naik bus enakan naik kapal," ujarnya.

Apa Reaksi Kamu?