Bahan Kimia Kosmetik Bisa Tingkatkan Risiko Autisme Janin?
ilustrasi

Bahan Kimia Kosmetik Bisa Tingkatkan Risiko Autisme Janin?

Senin, 1 Jun 2020 | 13:41 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Autisme adalah kelainan perkembangan otak dan saraf yang memengaruhi kemampuan berpikir dan berperilaku seseorang. Hingga kini penyebab kini dari autisme tidak diketahui secara pasti. Namun, periset percaya ada berbagi faktor yang meningkatkan risiko autisme, salah satunya bahan kimia pada kosmetik. Benarkah demikian? Yuk, pahami lebih dalam pada ulasan berikut ini.

Alasan bahan kimia kosmetik bisa tingkatkan risiko autisme

Studi terbaru yang diterbitkan pada jurnal Environmental Health Perspectives menemukan adanya keterkaitan bahan kimia, yakni phthalates dalam produk kecantikan dengan autisme.

Sebanyak 2001 ibu hamil trimester pertama yang rata-rata berusia 33 tahun diamati kadar phthalates pada urinenya. Semua ibu hamil tersebut merupakan partisipan dari Maternal-Infant Research on Environmental Chemicals (MIREC), yakni kelompok studi jangka panjang yang berfokus pada kehamilan di Kanada.

Proses pengamatan bahan kimia kosmetik dengan autisme ini dilakukan selama 3 tahun, dari tahun 2008 hingga 2011.

Periset kemudian melakukan penilaian lebih lanjut pada 610 anak yang lahir ketika mereka berusia 3 hingga 4 tahun. Penilaian ini menggunakan Social Responsiveness Scale-2 (SRS-2), yakni skor pengukuran sifat autisme dan gangguan sosial.

Bila hasil skala menunjukkan angka yang tinggi, tandanya anak lebih banyak memiliki sifat-sifat yang mengarah pada kelainan autisme.

Lalu, periset membandingkan konsentrasi zat phthalates pada urine sang ibu hamil dengan skor SRS anak. Hasilnya menunjukkan bahwa kadar bahan kimia kosmetik yang tinggi dikaitkan dengan meningkatkan skor penilaian autisme pada anak.

Namun, efeknya ini hanya terlihat pada anak laki-laki saja. Di samping itu, efeknya cukup rendah pada ibu hamil yang mengonsumsi asam folat yang cukup, yakni 400 mikrogram selama kehamilan trimester pertama.

Periset beranggapan bahwa gangguan endokrin adalah penyebabnya. Paparan bahan kimia tertentu selama kehamilan dapat mengganggu kinerja endokrin, yakni sistem kontrol kelenjar yang menghasilkan hormon yang disirkulasikan ke seluruh tubuh.

Meskipun menunjukkan hasil demikian, studi ini masih memiliki memiliki beberapa kekurangan sehingga pengamatan lebih lanjut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...