Bahas Isu Terkini, Para Menteri Jokowi Diam Seribu Bahasa

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Bahas Isu Terkini, Para Menteri Jokowi Diam Seribu Bahasa Moeldoko. [Foto: Edunews]

Winnetnews.com - Seperti kata penyair sufi, Jalaluddin Rumi, ‘meskipun aku diam tenang bagai ikan, tapi aku gelisah bagai ombak di lautan’, setidaknya seperti itulah kondisi jajaran menteri Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/9) pagi.

Seperti ada yang ingin diungkapkan, namun sulit bagi para menteri untuk berbicara kepada awak media perihal kondisi terkini Indonesia. Padahal, para wartawan sedari tadi menunggu kabar terbaru dari Presiden Jokowi kepada jajaran menterinya. Namun, para menteri pun bungkam saat jurnalis melayangkan pertanyaan.

Melansir Kompas.com, sejumlah menteri yang dipanggil ialah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Pertemuan Jokowi dan para menteri itu hanya berlangsung sekitar 30 menit. Setelah itu para menteri meninggalkan Istana tanpa mau banyak berkomentar. Menkumham Yasonna Laoly menyebut pertemuan membahas mengenai situasi terkini.

"Enggak ada, bahas situasi terakhir," kata Yasonna.

Situasi terakhir di dalam negeri memang tengah memanas setelah mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah daerah. Tuntutan mereka antara lain menolak revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

Ratusan mahasiswa terluka karena tindakan kekerasan aparat saat unjuk rasa. Bahkan dua mahasiswa Universitas Halu Oleo meninggal dunia.

Belakangan jurnalis dan sutradara Dandhy Laksono dan musisi Ananda Badudu juga ditangkap oleh kepolisian.

Namun Yasonna tidak merinci lebih situasi terkini seperti apa yang dimaksud.

Saat ditanya apakah pertemuan turut membahas opsi untuk mencabut UU KPK hasil revisi lewat peraturan pemerintah pengganti undang-undang, Yasonna mengaku tidak tahu.

"Enggak tahu, saya terlambat tadi. Tanya Pak Presiden saja," kata politisi PDI-P ini.

Menteri ESDM Ignasius Jonan juga enggan berkomentar soal pembahasan di dalam pertemuan, termasuk saat dia ditanya soal UU Minerba yang saat ini dibahas oleh pemerintah dan DPR.

"Ditanyain ke Pak Moeldoko," ujarnya.

Sementara Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga menutup mulutnya rapat-rapat, padahal biasanya Moeldoko mau berbicara banyak kepada wartawan.

"Sudah ah, no comment ah, gua enggak jawab," tandas dia.

Apa Reaksi Kamu?