Bahaya! Ini Efek dari Paparan Gas Air Mata

Bahaya! Ini Efek dari Paparan Gas Air Mata

Kamis, 23 Mei 2019 | 09:00 | Aldina Putri Nst

Winnetnews.com - Seperti yang diketahui, beberapa hari ini polisi di Jakarta membubarkan massa dengan cara menggunakan gas air mata terkait dengan hasil Pilpres 2019. Walaupun gas air mata dianggap tidak membahayakan kondisi jiwa, namun dampak buruk dalam jangka panjang akan terjadi ketika terpapar gas air mata, di antaranya kecacatan permanen.

Biasanya gas air mata mengandung bahan seperti chloroacetophenone (CN) atau 2-chlorobenzalmalononitrile (CS) yang efek senyawa di dalamnya hanya bisa bertahan selama 15-30 menit atau lebih jika dipakai di dalam ruangan tertutp atau adanya paparan gas air mata berulang kali. Hal ini disampaikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

“Kontak yang terlalu lama, terutama di ruang tertutup, dapat berujung pada efek jangka panjang seperti masalah mata termasuk jaringan perut, glaukoma, dan katarak. Mungkin juga dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti asma,” tulis CDC di dalam situs resminya, dikutip Kamis (23/5/19).

CDC juga mengatakan bahwa dalam beberapa kasus langka, gas air mata juga dapa menyebabkan kematian. Hal itu dapat terjadi karena adanya gagal fungsi organ pada pernapasan yang mengakibatkan iritasi akut di tenggorokan dan paru-paru.

“Kalau gejala bisa segera reda setelah seseorang dijauhkan dari paparan gas air mata, maka efek jangka panjang terhadap kesehatan tersebut kemungkinan tidak akan terjadi,” ungkap CDC di situs resminya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...