Bahaya Kesehatan Bila Berenang di Kolam Renang Dengan Kaporit

Bahaya Kesehatan Bila Berenang di Kolam Renang Dengan Kaporit

Kamis, 21 Apr 2016 | 17:39 | Rike
WinNetNews.com - Walau berenang berikan banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi menghabiskan waktu terlalu lama di dalam kolam renang ternyata juga tak baik.

Karena kaporit - antiseptik yang digunakan untuk membunuh bakteri dan jernihkan air - dalam kolam renang juga membahayakan kesehatan.

Untuk sebagian orang, aroma kaporit dapat memicu asma dan masalah kesehatan lainnya, seperti dilansir dari Medical Daily berikut ini.

1. Asma

Paparan kaporit berlebihan bisa ganggu jaringan pernapasan pada anak. Mereka juga berisiko terserang asma dan penyakit paru-paru. Penelitian dari Belgia juga menyebutkan bahwa kunjungan rutin ke kolam renang berkaporit berkait dengan peningkatan risiko asma terhadap anak.

2. Keguguran

Berenang menjadi aktivitas umum bagi ibu hamil untuk turunkan risiko nyeri persalinan. Namun kolam renang berkaporit malah membahayakan janin sebab senyawa kimia di dalamnya. Bahaya itu salah satunya adalah aborsi yang tak disengaja atau keguguran.

3. Kanker kandung kemih

Penelitian mengaitkan paparan kaporit dengan risiko kanker kandung kemih. Konsumsi kaporit – yang umumnya tak disengaja oleh para perenang - bisa tingkatkan risiko kanker kandung kemih sebesar 35-57 persen.

Sumber:merdeka.com

Foto: http://josephmullins.com/

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...