Bahaya! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian

Bahaya! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian

Selasa, 19 Jan 2016 | 13:45 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Secara alami, tubuh dan otak kita membutuhkan waktu yang cukup untuk istirahat. Selain itu, di saat kita tidur pun tubuh secara alami mengalami perbaikan dan mengeluarkan racun.

Tidak hanya itu, tidur juga memberikan kesempatan kepada sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas. Sehingga, tak jarang orang yang kurang tidur rentan terkena penyakit. Bahkan, di beberapa kasus bisa mengakibatkan kematian. Ada beberapa efek samping yang menakutkan bahwa sebagian besar generasi muda menderita karena kurang tidur.

1. Bisa menyebabkan kematian

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa orang yang tidur kurang memiliki tingkat moralitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidur selama berjam-jam. Tidur kurang membuat Anda lebih rentan untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) pada usia dini.

2. Kurang bergairah

Kurang bergairah atau lebih populer dengan sebutan low sex drive ini adalah salah satu alasan kesehatan yang disebabkan karena kurang tidur. Pria yang menderita sleep apnea atau gangguan tidur cenderung memiliki tingkat testosteron lebih rendah, yang dapat berakibat buruk bagi kehidupan seks. Jadi, pastikan Anda tidur minimal 8 jam dalam sehari.

3. Kelelahan saat mengemudi

Hindari mengemudi di saat kondisi tubuh kurang istirahat. Hal itu akan sangat berisiko pada konsentrasi saat mengemudi hingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

4. Depresi

Kurang tidur adalah penyebab umum depresi. Jadi tidak heran jika seseorang tidur kurang, ada kemungkinan bahwa dia mengalmai depresi.

5. Kulit wajah memburuk

Orang kurang tidur bisa langsung kita ketahui ketika melihat matanya mulai bengkak dan membesarnya kantong mata. Untuk menghindari hal ini, seseorang membutuhkan waktu tidur hingga delapan jam atau setidaknya enam jam tidur setiap malam tanpa gangguan.

6. Menambah berat badan

Ingat, program diet dan berolahraga yang dilakukan setiap hari untuk menurunkan berat badan akan sia-sia jika tak diiringi dengan istirahat yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dapat menambahkan berat badan.

Dilansir dari laman boldsky dan metrotvnews 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...