Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa!

Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa!

Sabtu, 11 Jun 2016 | 10:52 | kontributor

WinNetNews.com - Gorengan tidak lepas dari list buka puasa orang Indonesia. Cara pembuatannya yang relative cepat, rasanya yang enak, dan praktis menjadikan takjil yang satu ini sebagai favorit saat buka puasa.

Dibalik rasanya yang enak, ternyata sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Ada bahaya yang besar di balik konsumsi gorengan. Kok bisa? Ini dia alasannya:

1. Kualitas Makanan yang Digoreng Jadi Rusak

Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi menjelaskan semua jenis minyak bila digoreng akan menjadi rusak, sehingga ini akan mempengaruhi kualitas makanan yang dioleh dengan cara ini, apakah sehat atau tidak.

Karena titik uapnya rendah itulah, kemungkinan untuk mengubah bahan makanan yang digoreng menjadi trans fatty acid menjadi semakin besar. Trans fatty acid sederhananya adalah lemak jahat yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

2. Perhatikan Minyak untuk Menggoreng

Minyak yang digunakan untuk mengolah gorengan di Indonesia rata-rata tidak sehat. Penelitian yang dilakukan oleh dr Samuel bersama sejumlah mahasiswa UI (Universitas Indonesia) menemukan bahwa minyak yang tampilannya hampir mirip dengan oli memiliki Trans Fatty Acid yang berlipat ganda. Atau singkatnya semakin pekat warna minyak, kandungan kolesterol jahat semakin tinggi.

Mulai sekarang yuk tinggalkan kebiasaan santap gorengan saat buka puasa. Kalau sesekali sih boleh saja, asal jumlahnya jangan terlalu banyak. Kamu gak mau kan kalau selesai bulan Ramadhan, kolesterol mu malah makin tinggi? Selamat berpuasa Winners!

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...